Ketua Adat Papua Pastikan Anies Menang di Pilpres 2024, Cek Faktanya..

| 15 Jul 2022 09:23
Ketua Adat Papua Pastikan Anies Menang di Pilpres 2024, Cek Faktanya..
Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Beredar sebuah video di kanal Youtube dengan judul, “Meledak, KETUA ADAT PAPUA TURUN GUNUNG Pastikan Anies Menag di 2024”. Tampilan depan dari video ini juga menunjukkan gambar Anies Baswedan bersama beberapa orang dengan memakai riasan khas Papua.

Namun setelah melihat video tersebut secara keseluruhan, tidak ditemukan pernyataan resmi apapun dari ketua adat di Papua atau dari masyarakat Papua, tentang rencana pemenangan Anies Baswedan pada pemilihan di tahun 2024.

Turnbackhoax

Seperti telah diketahui bahwa di tahun 2024 mendatang, Indonesia akan mengadakan pesta demokrasi untuk memilih presiden dan wakil presiden periode baru.

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Jumat (15/7/2022), di sepanjang video yang berdurasi 8 menit 39 detik tersebut hanya berisi tentang kumpulan opini dari beberapa pihak serta opini pengisi suara tentang isu majunya Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Gambar Anies dan beberapa orang memakai riasan khas Papua yang ditampilkan sebagai sampul depan dari video ini pun tidak ada hubungannya dengan klaim dukungan ketua adat di Papua kepada Anies Baswedan. Gambar tersebut merupakan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, bersama Kapolda Metro Jaya, Irjen Polisi Gatot Eddy Pramono, Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono, dan Tokoh Masyarakat Papua, Baharudin Farawowan, dalam acara silaturahmi Forkopimda dengan Masyarakat Papua dan Mahasiswa Papua di gedung Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2019.

Jadi dapat disimpulkan bahwa klaim judul yang menyatakan ketua adat Papua mendukung dan memastikan Anies Baswedan menang di pemilihan 2024 merupakan hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Rekomendasi