Usai Lawan Persija, Klub Thailand Puji Kualitas JIS: Ini Bukti Sepak Bola Indonesia Terus Berkembang

| 25 Jul 2022 07:04
Usai Lawan Persija, Klub Thailand Puji Kualitas JIS: Ini Bukti Sepak Bola Indonesia Terus Berkembang
Pertandingan Persija melawan klub Thailand Chonburi saat peresmian JIS pada Minggu (Ilham Apriyanto/era.id)

ERA.id - Tim Liga Thailand Chonburi FC memuji kualitas Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, yang diluncurkan secara akbar pada Minggu (24/7/2022) dikutip dari Antara.

"Ini stadion yang luar biasa, bukti sepak bola Indonesia terus berkembang. Tidak mudah membangun stadion ini tetapi Indonesia berhasil melakukannya," ujar pelatih Chonburi FC Sasrom Pobprasert usai skuadnya menghadapi Persija dalam laga persahabatan di JIS yang menandai peluncuran stadion berkapasitas 82.000 penonton itu.

Menurut Sasrom, dari sudut pandang sepak bola, JIS adalah stadion yang luar biasa.

Akan tetapi, dia tetap memberikan catatan kritis terkait lapangan JIS. Sasrom menilai, tanah lapangan JIS masih keras.

"Tanah dan rumputnya jadi masalah tersendiri bagi pemain kami. Pemain kami harus beradaptasi dengan kondisi itu kurang lebih 20 menit," tutur dia.

Kapten Chonburi FC Kroekrit Thawikan juga menyampaikan apresiasinya terhadap JIS yang dianggapnya berkualitas bagus.

"Kami berharap bisa ke sini lagi. Pertandingan melawan pun Persija berlangsung dengan baik," kata pesepak bola berusia 31 tahun itu.

Jakarta International Stadium (JIS) merupakan stadion sepak bola dengan kapasitas maksimal 82 ribu penonton yang selesai dibangun pada tahun 2022.

Proses konstruksi dilakukan selama tiga tahun berikut dua lapangan latihan yang ada di dekatnya.

Lapangan JIS menggunakan rumput padu (hybrid). Lima persen dari rumput itu buatan (sintetis) berjenis “limonta” dan sisanya rumput alami dari spesis Zoysia matrella yang berasal dari Boyolali, Jawa Tengah.

Adapun Persija mengimbangi tim Liga Thailand Chonburi FC dengan skor 3-3 pada laga persahabatan yang menjadi bagian dari seremoni pembukaan raya (grand launching) Stadion Internasional Jakarta (JIS), Minggu malam.

Dalam pertandingan di JIS, Jakarta, itu, gol-gol Persija dibuat Riko Simanjuntak (dua gol) dan Taufik Hidayat. Sementara Chonburi melesakkan gol melalui Yoo Byung-soo (dua gol) dan Danilo.

Rekomendasi