Bertemu PM Jepang, Jokowi Harapkan Proyek Pembangunan MRT Hingga Tol Patimban Cepat Selesai

| 27 Jul 2022 15:28
Bertemu PM Jepang, Jokowi Harapkan Proyek Pembangunan MRT Hingga Tol Patimban Cepat Selesai
Presiden Joko Widodo dan PM Jepang (Dok BPMI Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo berharap sejumlah proyek infrastruntur kerja sama Indonesia-Jepang, seperti Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta hingga perluasan Pelabuhan Patimban segera diselesaikan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Rabu (27/7/2022).

"Beberapa proyek strategis yang saya sampaikan agar dipercepat penyelesaiannya antara lain MRT Jakarta untuk north dan south-nya fase kedua dan juga east-west untuk fase yang pertama," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Reuters.

"Kemudian kawasan industri di Papua Barat, perluasan Pelabuhan Patimban, dan jalan tol akses Patimban," imbuhnya.

Di samping itu, Jokowi mengapresiasi sejumlah proyek yang diselesaikan tepat waktu, dan beberapa investasi baru Jepang di Indonesia.

"Sangat menghargai proyek-proyek yang diselesaikan tepat waktu dan mengundang investasi baru Jepang lainnya di berbagai bidang," kata Jokowi.

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyebut Indonesia terus mengharapkan dukungan pengetahuan dan teknologi baru Jepang untuk mendukung beberapa proyek strategis Indonesia, terutama untuk hilirisasi komoditas alam, pengembangan mobil dan motor listrik, serta sektor kesehatan dan pangan.

"Secara khusus saya mengajak Jepang untuk mendukung percepatan pencapaian target net zero emission Indonesia melalui advokasi inovatif teknologi seperti teknologi hidrogen dan amonia," kata Jokowi.

Sementara itu, PM Kishida dalam keterangannya menyampaikan, Indonesia merupakan mitra strategis Jepang. Sejak kunjungannya ke Indonesia pada akhir April lalu, PM Kishida mengaku senang dapat kembali bertemu untuk bertukar pandangan secara terbuka, dan hal tersebut merupakan bukti erat hubungan antara kedua negara.

"Kami akan menjadikan kunjungan Presiden Joko Widodo hari ini sebagai monentum untuk mempererat hubungan dengan Indonesia, mengingat kita akan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara,” ucap PM Kishida.

Rekomendasi