Alasan Gerindra Mundurkan Agenda Rapimnas ke 13 Agustus: Barengan dengan Deklarasi Koalisi dengan PKB

| 27 Jul 2022 16:25
Sufmi Dasco (Dok. Instagram sufmi_dasco)

ERA.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan alasan penundaan agenda Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra hingga bulan depan, lantaran ingin dibarengi dengan deklarasi koalisi bersama PKB. Awalnya, Rapimnas Partai Gerindra akan digelar akhir pekan ini, Sabtu (30/7). Namun diundur ke tanggal 13 Agustus 2022.

"Rapimnas pencapresan dan pengumuman koalisi akan dilakukan pada tanggal 13 Agustus," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Dasco bilang, keputusan untuk menunda Rapimnas itu diambil setelah elite Partai Gerindra bertemu dengan elite PKB untuk merumuskan Piagam Deklarasi Koalisi. Gerindra dan PKB telah sepakat untuk bekerja sama pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Pertemuan dengan pihak PKB kemarin sudah ada kesepakatan tanggal 13 Agustus, hitung-hitungan hari baiknya begitu," kata Dasco.

Meski diundur, Dasco mengatakan lokasi Rapimnas akan tetap digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat. Nantinya Rapimnas Gerindra juga akan dihadiri oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

"Kalau deklarasi bersama kan enggak mungkin kita sendirian," kata Dasco.

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra sedang menyusun Piagam Deklarasi Koalisi. Diketahui kedua partai tersebut sepakat membangun kerja sama pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Alhamdulillah, kami kembali bertemu untuk membahas butir-butir Piagam Deklarasi Koalisi yang memuat visi, misi, dan latar belakang kenapa kami harus bekerja sama dalam menghadapi Pemilu 2024," ujar Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda melalui keterangan tertulis, Selasa (26/7/2022).

Piagam Deklarasi Koalisi itu disusun oleh elite PKB dan Gerindra di Jakarta Selatan. Dari pihak Gerindra hadir Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum Sugiono dan Ketua DPP Gerindra Prasetyo. Sedangkan dari PKB hadir Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua DPP PKB Fathan Subchi, Bendahara DPP PKB Bambang Susanto dan Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda.

Huda menambahkan, pertemuan tersebut juga dibahas tentang waktu peresmian deklarasi. Sesuai budaya nusantara, pemilihan waktu ini dihitung dengan cermat sehingga memenuhi unsur kebaikan baik dari sisi spiritual maupun sisi taktis politisnya.

Meski begitu, Huda enggan membocorkan kapan pastinya deklarasi akan dilakukan. Tapi dia memberi kisi-kisi bahwa deklarasi akan dilakukan tidak akan lewat dari Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022 mendatang.

"Kita belum bisa sampaikan waktu tepatnya, tetapi Insyaallah tidak akan jauh dari Perayaan HUT Kemerdekaan kita," katanya.

Rekomendasi