PPP Bocorkan Ada Partai Nonparlemen yang Bakal Merapat ke KIB

| 28 Jul 2022 16:14
PPP Bocorkan Ada Partai Nonparlemen yang Bakal Merapat ke KIB
Arsul Sani (Dok. Antara)

ERA.id - Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani membocorkan akan ada partai politik lain yang bakal bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Namun, parpol yang akan bergabung itu berada di luar parlemen.

"Tanda-tanda itu ada (parpol lain gabung ke KIB). (Parpol) Di luar parlemen," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Saat ditanya partai mana yang akan bergabung dengan KIB, Arsul enggan memberikan jawaban. Dia justru meminta publik untuk menebak sendiri.

"Mau tahu aja. Silahkan di tebak-tebak sendiri," kata Arsul.

Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sejumlah partai politik mulai saling menjajaki untuk menjalin kerja sama. Beberapa diantaranya bahkan sudah membentuk koalisi.

Diantanya yaitu KIB yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP. Ketiga partai ini menjadi yang pertama mendeklarasikan koalisi untuk Pemilu mendatang.

Arsul menambahkan, hingga saat ini komunikasi antar partai KIB terjalin dengan sangat intens. Hanya saja memang tidak semua pertemuan antar tiga partai itu dipublikasikan.

"Sebetulnya komunikasi antar tiga parpol KIB makin intens, namun kita sepakat setiap kita pertemuan tidak harus selalu dipublikasi ke media. Apalagi hal yang belum matang," kata Arsul.

Wakil Ketua MPR RI itu juga membocorkan bahwa setelah 17 Agutus 2022, KIB akan mulai menggodok nama-nama calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024.

"Nanti setelah 17 Agustus kita akan mulai bicara tentang identifikasi sosok yang diinternal KIB, diaspirasikan oleh masing-masing partai," pungkasnya.

Rekomendasi