Mengenal Dumas Presisi, Aplikasi Aduan Masyarakat Terkait Perilaku dan Kinerja Polisi

| 25 Aug 2022 18:25
Mengenal Dumas Presisi, Aplikasi Aduan Masyarakat Terkait Perilaku dan Kinerja Polisi
Aplikasi Dumas Presisi (tribratanews kaltara polri go id)

ERA.id - Pernahkah Anda mendengar soal Dumas Presisi? Ini adalah aplikasi yang diluncurkan oleh Polri sebagai ruang aduan masyarakat terkait kinerja dan perilaku para polisi. Dumas Presisi memiliki kepanjangan Pengaduan Masyarakat Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan.

Aplikasi ini resmi diluncurkan oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, beberapa waktu lalu. Dikutip dari TBNews, tujuan dari peluncuran Dumas Presisi adalah untuk pengaduan yang dilakukan masyarakat. Aplikasi Dumas Presisi bisa diunduh melalui Playstore.

Pengaduan masyarakat mengenai kepolisian ini dilakukan secara daring. Inovasi e-Dumas Presisi merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk memenuhi program Kapolri.

Tujuan Dumas Presisi

Secara lebih jelas, Dumas Presisi bertujuan untuk menyampaikan pengaduan oleh masyarakat mengenai pelangggaran yang dilakukan oleh anggota Polri. Pengaduan bisa langsung diakses oleh masyarakat selama 24 jam dan di mana saja tanpa perlu datang ke Kantor Polisi karena menggunakan aplikasi.

Ilustrasi cara buat aduan melalui Dumas Presisi (tribratanews)

Terkait aduan yang diberikan melalui Dumas Presisi, Polri menjelaskan bahwa pihaknya akan mengklarifikasi terlebih dahulu setiap laporan yang masuk dari masyarakat. Hal tersebut dilakukan demi menghindari pihak-pihak tak bertanggung jawab.

"Ada berbagai macam pentahapan. Terutama untuk menghindari orang-orang tidak bertanggung jawab, tetap kita harus ada klarifikasi. Contoh seperti identitas. Kalau identitas tidak terpenuhi tidak bisa masuk tahap kedua. Semuanya harus bisa terklarifikasi," terang Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono di Mabes Polri, Rabu, 24 Februari 2021.

Melalui proses klarifikasi, laporan yang masuk ke aplikasi Dumas Presisi bisa dipastikan bukan laporan bohong.

Manfaat Aplikasi Dumas Presisi

Menurut Kabag Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Purwakarta, Kompol Adi Fauzi, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari aplikasi Dumas Presisi, salah satunya menjadi alat untuk menyampaikan pengaduan dan melakukan pelaporan kinerja anggota Polri.

Selain itu, aplikasi Dumas Presisi juga memungkinkan masyarakat untuk mengetahui sejauh mana perkembangan penanganan kasus yang dilaporkan tersebut.

"Aplikasi Dumas Presisi dapat diunduh di Play Store atau Google Play Store di smartphone masing-masing. Sekarang masyarakat lebih mudah menyampaikan laporan secara online," terang Adi, Kamis, 26 Agustus 2021.

Ilustrasi polisi (antaranews)

Terkait klarifikasi pelaporan, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan identitas pelapor. Hal ini penting sebab menjadi upaya untuk menghindari orang-orang tidak bertanggungjawab membuat laporan palsu atau laporan bohong. 

"Kalau identitas tidak terpenuhi tidak bisa masuk tahap kedua. Semuanya harus bisa terklarifikasi," jelasnya.

Hal terkait Dumas Presisi dan manfaatnya disampaikan pula oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Pol. Agung Budi Maryoto. Dirinya mendorong masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi tersebut sebagai layanan pengaduan masyarakat yang telah terintegrasi.

"Aplikasi Dumas Presisi memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat dalam hal pengaduan-pengaduan atau suatu masukan tentang kinerja Polri maupun perilaku anggota," jelas Agung dalam sosialisasi pengembangan aplikasi Dumas Presisi di Polda Kalimantan Selatan, dikutip dari Antara.

Dia menerangkan, aplikasi tersebut menjadi wujud penanganan keluhan dan transparansi Polri terkait sistem pengawasan oleh masyarakat secara cepat, mudah, dan terukur, sebagai bentuk peningkatan kualitas kinerja dan pelayanan Polri.

"Ini menjadi atensi dalam konteks bagaimana semua anggota Polri bisa berkomitmen untuk memberikan kontribusi menjaga nama baik citra Polri," terangnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan soal Peraturan Kapolri Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengawasan Melekat (Waskat) di lingkungan Polri sebagai bentuk pengendalian oleh pimpinan terhadap tindakan dan kegiatan para personel Polri.

Waskat dilakukan demi meningkatkan kedisiplinan, etika, dan kinerja seluruh personel Polri di masing-masing jajaran kewilayahan dalam pelaksanaan tugas kepolisian. Terkait hal tersebut, aplikasi Dumas Presisi memberikan ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan laporan terkait kinerja dan perilaku anggota Polri agar pelayanan Polri kepada masyarakat menjadi lebih baik.

Rekomendasi