Kumpulan Ucapan Maulid Nabi 2022 dan Sejarah Peringatannya

| 27 Sep 2022 19:01
Ilustrasi (Adli Wahid dari Pixabay)

ERA.id - Umat muslim memperingati Maulid Nabi Muhammad, selama bulan 'Rabi' al-Awwal,' atau bulan ketiga dalam kalender Islam. Artikel ini akan membahas ucapan Maulid Nabi 2022 hingga sejarah peringatannya.

Masjid-masjid akan merayakan peringatan Maulid Nabi SAW (Unsplash)

Pada tahun ini, Maulid Nabi akan jatuh pada 8 Oktober 2022. Ini adalah hari untuk berkumpul dan merayakan pendiri salah satu agama paling signifikan di dunia dengan jutaan pengikut.

Sejarah Peringatan Hari Lahir Nabi Muhammad

Nabi Muhammad lahir di Mekah pada tanggal 12 Rabi' al-Awwal tahun 570 M. Ia diyakini sebagai keturunan Ismail, salah satu dari dua putra Ibrahim. Ayahnya meninggal sebelum dia lahir, jadi pamannya Abu Thalib dan kakek Abdul-Muthalib membesarkannya setelah kematian ibunya ketika dia berusia enam tahun.

Perayaan ulang tahun Nabi Muhammad diadakan di masjid-masjid dengan ceramah agama dan pembacaan ayat-ayat Alquran. Perayaan awal Maulid Nabi Muhammad sudah dimulai pada abad kedelapan.

Pada waktu itu al-Khayzuran mengubah rumah tempat Nabi Muhammad dilahirkan menjadi tempat shalat. Meskipun perayaan publik kelahiran Muhammad tidak dimulai sampai empat abad setelah dia meninggal, bukti tekstual menunjukkan bahwa teks Maulid tertua berasal dari abad ke-12 dan kemungkinan besar berasal dari Persia.

Hari itu ditandai secara berbeda oleh Muslim Sunni dan Syiah. Syiah percaya bahwa Nabi Muhammad memilih Hazrat Ali untuk menggantikannya pada tanggal 12 Rabi' al-Awwal. Sementara itu, Iman Sunni tidak berkabung pada hari khusus ini tetapi berdoa secara teratur sepanjang bulan.

●   Selamat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kiranya iman dan amalan baik kita senantiasa terus meningkat.

●   Selamat Maulid Nabi, mari luangkan waktu untuk shalat dan dzikir sebagai metode untuk menjadi seperti Rasulullah SAW pasca Tahannuts.

●   Selamat Maulid Nabi. Semoga momen ini dapat membawa kesejahteraan, berkah dan keharmonisan untuk Anda sekeluarga.

●   Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bagi seluruh umat muslim. Semoga diberi keberkahan bagi kita semua.

●   Rasulullah adalah pemimpin dari umat islam yang tiada tandingannya, jadi marilah kita bersama untuk berpegang teguh kepada sunnah dan ajarannya dan selamat merayakan Maulid Nabi.

●   Tiada yang paling Esa selain Allah SWT. Tak ada yang paling indah selain lantunan ayat suci Al-Quran. Tiada manusia yang paling sempurna selain Nabi Muhammad SAW.

●   Nabi telah menunjukan dan mengajarkan kepada kita tentang belas kasihan, kesabaran dan hati nurani, kejujuran serta kebajikan, keadilan, bahkan toleransi juga kesetiaan dalam hidupnya. Jadi mari bersama mempraktekkannya dalam kehidupan kita dan selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

●   Mari kita teladani akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari- hari. Selamat Maulid Nabi Muhammad.

●   Selamat Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Mari kita tanamkan keteladanan Nabi Besar kita Muhammad SAW untuk mencapai kebahagiaan baik dunia maupun akhirat.

●   Sesungguhnya orang yang paling dekat denganku pada hari kiamat adalah orang yang paling banyak bershalawat kepadaku (Riwayat Nasa'i dan Ibnu Hibban). Selamat Maulid Nabi Muhammad.

●   Selamat Maulid Nabi Muhammad, Nabi terakhir dan Tertampan. Semoga teladannya bisa selalu diterapkan.

●   Orang yang paling dekat denganku di hari kiamat adalah orang yang banyak bershalawat kepadaku (HR. Tirmidzi Hasan). Selamat Maulid Nabi Muhammad.

●   Hari ini umat muslim merayakan kelahiran Guru para guru; rahmat bagi umat manusia. Selamat memperingati hari Maulid Nabi Muhammad 2022.

●   Selamat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW 2022. Semoga kita mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW kelak di hari kiamat.

Selain ucapan maulid nabi 2022, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi