Ini Makna di Balik Tema dan Logo Hari Pahlawan 2022

| 08 Nov 2022 08:04
Ini Makna di Balik Tema dan Logo Hari Pahlawan 2022
Tema dan logo Hari Pahlawan 2022 (kemensos.go.id)

ERA.id - Indonesia memeringati Hari Pahlawan Nasional setiap 10 November. Ini menjadi peringatan penting terkait perjuangan para pahlawan dalam Pertempuran Surabaya 10 November 1945. Untuk menggelorakan semangat perjuangan, tema dan logo Hari Pahlawan 2022 dirilis oleh pemerintah.

Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyiapkan tema dan logo khusus untuk peringatan Hari Pahlawan tahun ini. Dikutip Era dari kemensos.go.id, tema peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 adalah “Pahlawanku Teladanku”.

Makna Tema dan Logo Hari Pahlawan 2022

logo Hari Pahlawan 2022 warna merah (kemensos.go.id)

Terkait tema besar “Pahlawanku Teladanku”, dijelaskan bahwa peringatan Hari Pahlawan lahir dari peristiwa bersejarah Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Peristiwa tersebut berupa gerakan Revolusi Nasional pada Pertempuran Surabaya tanggal 10 November 1945.

Ketika itu, Indonesia telah menyatakan kemerdekaan. Namun penjajah masih ada di Tanah Air. Pada masa revolusi nasional tersebut, para pahlawan nasional sangat tahu bahwa melawan ribuan penjajah bersenjata lengkap merupakan rintangan yang sulit.

Rakyat Indonesia saat itu tidak memiliki perlengkapan perang yang memadai atau sepadan dengan para penjajah, bahkan setengahnya pun tidak. Meski demikian, bangsa Indonesia memiliki tekad dan semangat. Bangsa Indonesia memiliki tekad pantang menyerah dan tidak takut mati demi hak Indonesia serta semangat juang dan keberanian melawan penjajah.

Oleh sebab itu, saat ini generasi penerus bangsa seharusnya meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur para pahlawan, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pahlawan bukan hanya sosok yang dikenang dan diceritakan dari masa ke masa, tetapi teladan dalam berbangsa dan bernegara.

Makna Logo Hari Pahlawan 2022

Logo Hari Pahlawan 2022 telah dirilis secara resmi dan bisa diunduh sejak Rabu, 2 November 2022. Ada beberapa makna yang terdapat dalam logo berbentuk kepalan tangan itu. Berikut adalah penjelasan mengenai makna filosofis logo Hari pahlawan 2022, dilansir laman resmi Kemensos.

·         Kepal Tangan

Secara utuh, logo ini berbentuk tangan yang mengepal. Ini menjadi lambang semangat juang dan perlawanan pahlawan terhadap ketidakadilan dan kezaliman para penjajah.

·         Perisai Pancasila

Jika dilihat, bagian tepi dari kepalan tangan tersebut seperti sebuah perisai, itu adalah perisai Pancasila. Makna dari hal tersebut adalah para pahlawan rela menumpahkan darah demi mempertahankan kemerdekaan dan tanah air dari para penjajah.

·         Simbol Cinta

Terdapat lambang hati atau love pada bagian bawah kepalan tangan. Dalam pengataman normal, hal tersebut memang tidak terlihat sehingga butuh imajinasi. Bayangkan terdapat lambang hati pada pangkal kepalan tangan. Lambang hati merupakan simbol bermakna cinta. Hal tersebut dimaknai sebagai rasa cinta pahlawan terhadap bangsa dan tanah air sehingga rela berkorban.

·         Bambu Runcing

Tak berbeda jauh dengan lambang hati, lambang bambu runcing juga tidak terlalu tampak. Bagian yang menjadi lambang bambu runcing adalah bagian jari manis. Bambu runcing merupakan salah satu senjata yang digunakan untuk melawan penjajah. Senjata ini menjadi saksi bisu sejarah perjuangan para pahlawan untuk mendapatkan kemerdekaan yang seutuhnya.

Itulah beberapa makna yang terkandung dalam tema dan logo Hari Pahlawan 2022. Diharapkan, Hari Pahlawan Nasional tak hanya menjadi hari peringatan, tetapi juga pemacu semangat nasionalisme penerus bangsa.

Rekomendasi