Profil Dito Ariotedjo, Bakal Menteri Termuda Kabinet Jokowi

| 03 Apr 2023 21:05
Profil Dito Ariotedjo, Bakal Menteri Termuda Kabinet Jokowi
Profil dito ariotedjo (twitter)

ERA.id - Kementerian Pemuda dan Olahraga tidak memiliki menteri setelah Zainudin Amali mengundurkan diri. Hingga kemudian muncul kabar jika Dito Ariotedjo akan dilantik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Berikut profil Dito Ariotedjo.

Dilantik menjadi menteri pada usia 32 tahun, terdapat beberapa hal menarik seputar Dito Ariotedjo yang telah Era rangkum dalam beberapa poin berikut ini:

Profil Dito Ariotedjo

  1. Berusia 32 Tahun

Pada saat dilantik menjadi menteri, Dito Ariotedjo masih berusia 32 tahun. Bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Dito Ariotedjo lahir pada 25 September 1990.

dito ariotedjo berusia 32 tahun saat dilantik(twitter)

Dito dikenal sebagai seorang aktivis sosial dan politikus Indonesia yang berasal dari Partai Golongan Karya. Selain itu, Dito juga anak dari mantan Direktur Antam Arie Prabowo Ariotedjo.

Sementara itu, ibu Dito bernama Arti Laksmigati Ariotedjo dan memiliki dua kakak yaitu Aryo Prakoso Ariotedjo dan Dwi Lestari Pramesti Ariotedjo.

  1. Riwayat Pendidikan

Berikut ini pendidikan Dito Ariotedjo mulai dari SD hingga perguruan tinggi:

●        SD Tarakanita 2 Jakarta

●        SMP Al-Izhar Jakarta

●        SMA Negeri 6 Jakarta

●        Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

  1. Rekam Jejak

Berikut ini beberapa jabatan yang pernah diemban oleh Dito Ariotedjo:

●        Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina

●        Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

●        Kerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor dan membentuk Rans Sport (2021).

●        Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023

●        Bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

●        Jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia (April 2022-sekarang).

●        Ketua umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022 Perlu diketahui AMPI adalah organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. 

  1. Masuk Forbes Under 30

Memiliki rekam jejak yang baik, Dito yang pernah berkuliah di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia ini pernah masuk dalam Forbes 30 Under 30 Indonesia pada tahun 2020.

  1. Bisnis yang Dijalankan

Selain aktif di berbagai organisasi, Dito juga tercatat sebagai pelaku usaha wirausaha. Beberapa jenis usaha yang dijalankan Dito meliputi energi, pertahanan, coworking space, dan start-up.

Berbagai jenis usaha Dito tersebut diketahui tergabung dalam sebuah induk perusahaan bernama Grupara Ventures . Selain itu, Dito juga tercatat sebagai Komisaris Utama di PT. Kartika Kara Eka Nusa serta Syailendra Pangan Indonesia.

  1. Mengalahkan 3 Kandidat Menteri

Sebelum dipilih menjadi menteri, sebelumnya Golkar telah mengajukan tiga nama kandidat lain pengganti Zainudin Amali kepada Presiden Jokowi, di antaranya Ilham Permana, Dave Laksono, dan Puteri Komarudin.

Akan tetapi dari empat nama yang masuk, Jokowi memilih Dito Arioredjo yang masih berusia 32 tahun sebagai Menpora.

Selain profil dito ariotedjo, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi