Mengenal Sosok Aulia Akbar, Desainer Logo IKN

| 31 May 2023 15:15
Mengenal Sosok Aulia Akbar, Desainer Logo IKN
Ilustrasi logo IKN (situs resmi IKN)

ERA.id - Sosok Aulia Akbar menarik perhatian masyarakat. Karyanya yang berjudul Pohon Hayat terpilih sebagai logo Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden Joko Widodo mengumumkan terpilihnya karya Aulia dalam peluncuran logo baru Ibu IKN bertema Pohon Hayat di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (30/5/2023).

“Saya sangat senang dapat memperkenalkan logo baru Ibu Kota Nusantara kepada seluruh rakyat Indonesia. Sebagaimana filosofi logo baru ini, Ibu Kota Nusantara juga akan menjadi sumber kehidupan baru bagi seluruh masyarakat, dengan semangat menjadikan ibu kota baru yang Indonesia-sentris,” kata Jokowi, dikutip Era.id.

Aulia Akbar di samping kanan Jokowi dalam pengumuman logo IKN (antaranews)

Mengenal Sosok Aulia Akbar

Aulia Akbar merasa bahagia dan bangga dengan apa yang telah dia lakukan. Dia berharap karyanya bisa menyampaikan semangat Nusantara ke publik.

“Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan ibu kota baru yang merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Semoga identitas visual ini dapat menyampaikan semangat Nusantara kepada seluruh masyarakat Indonesia,” terang Aulia.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menggelar sayembara pembuatan logo IKN melalui kerja sama dengan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Aulia Akbar merupakan anggota ADGI chapter Bandung. Dia merupakan lulusan Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung.

Aulia Akbar (31) merupakan desainer grafis yang fokus pada brand identity design. Metode yang dia gunakan adalah branding human brand model. Dia selalu berusaha konsisten memperhatikan dampak sosial dan budaya yang dihasilkan oleh desain rancangannya, baik komersial atau proyek sosial.

Dia punya kesibukan sebagai art director di POT Branding House, konsultan branding di Bandung yang telah berdiri sejak tahun 2016. Tak hanya itu, dia juga menjadi dosen luar biasa ITENAS jurusan DKV (2016-2017) untuk mata kuliah Proyek Desain dan Desain Identitas. Aulia juga aktif dalam mengelola forum desainer grafis muda BDF (Bandung Design Friendly) & ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia) Bandung Chapter.

Rekomendasi