Bagaimana Cara Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis? Simak Penjelasan Berikut

| 23 Jun 2023 19:05
Bagaimana Cara Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis? Simak Penjelasan Berikut
Ilustrasi kereta cepat (KCIC)

ERA.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, mengatakan bahwa layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan digratiskan untuk publik selama tiga bulan dalam rangka uji coba. Masyarakat hanya perlu tahu cara naik kereta cepat Jakarta-Bandung.

"GRATIS selama tiga bulan pertama untuk masyarakat yang ingin mencoba Kereta Api Cepat Jakarta Bandung, dari 18 Agustus sampai (18) Oktober (2023)," ungkap Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, melalui akun Twitter pribadinya, Kamis, 22 Juni 2023.

Usulan penggratisan tiket KCJB untuk masa uji coba disetujui oleh Luhut Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

"(Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi) Pak Luhut Pandjaitan menyetujui gagasan ini saat diusulkan ketika mengetes kecepatan kereta cepat ini. 354 km/jam adalah kecepatan tadi siang saat mengetes kereta cepat ini. Luar biasa. Halim-Padalarang hanya 20-an menit," seperti dikutip Era.id dari akun Twitter Kang Emil.

Ilustrasi kereta cepat (Setkab RI)

Cara Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung Gratis

Dilansir Merdeka, menurut keterangan Stafsus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dihargai Rp350 ribu/penumpang. Angka tersebut dinilai akan membuat masyarakat tertarik karena bersaing dengan moda transportasi yang lain.

Arya mengeklaim, ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Kereta Cepat Jakarta-Bandung, salah satunya adalah harga tiket yang masih terjangkau untuk semua kalangan. Hal tersebut disampaikan dalam acara Silahturahmi Forum Wartawan BUMN di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, 3 Februari 2023.

Angka Rp350 ribu bukan harga terendah tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Harga tiket rute terdekat adalah Rp125 ribu. Sementara, jarak jauh mulai dari Rp250 ribu pada tahap awal, kemudian ditingkatkan jadi Rp350 ribu.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan tiket gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung? Perlu diketahui, kereta cepat ini rencananya dilucurkan pada 18 Agustus 2023.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumardi, KCJB akan jadi hadiah spesial HUT RI. Terkait tiket gratis selama tiga bulan, dia mengatakan bahwa penumpang yang mendapatkan tiket tersebut akan dipilih. Namun, syarat-syaratnya tidak dijelaskan lebih rinci.

"(18 Agustus 2023) Soft operation, tarif gratis sampai Oktober tapi penumpangnya akan dipilih,” ungkap Budi di Stasiun Halim KCIC, Kamis (22/6/2023).

Sementara, di tempat berbeda, Kang Emil mengatakan seluruh masyarakat bisa naik KCJB secara cuma-cuma dengan syarat tertentu.

"Siapa yang ingin (naik KCJB) tidak usah bayar, orang desa, anak kecil, semua mau piknik, asal bisa ticket war untuk mencoba kereta cepat selama 90 hari," terang Kang Emil di Bandung, Kamis (22/6/2023), seperti dilansir pikiran rakyat.

Tiket yang disediakan untuk masa uji coba KCJB adalah 600. Masyarakat yang ingin mencoba kereta cepat ini secara gratis harus memesan tiket secara daring dengan sistem siapa cepat dia dapat. Namun, belum ada informasi dari pemerintah mengenai aplikasi yang digunakan dan tata cara pemesanannya. 

Rekomendasi