Sempat Bikin Heboh, Berikut Fakta Jemaah Haji Makassar Pamer Emas Ratusan Gram di Bandara

| 11 Jul 2023 15:27
Sempat Bikin Heboh, Berikut Fakta Jemaah Haji Makassar Pamer Emas Ratusan Gram di Bandara
Fakta jemaah haji makassar pamer emas (era)

ERA.id - Seorang wanita bernama Suanarti Daeng Kanang (46) sedang menjadi perbincangan publik lantaran pamer emas. Berikut ini ulasan fakta jemaah haji Makassar pamer emas tersebut.

Aksi pamer Suanarti tersebut diketahui melalui sebuah video yang viral di media sosial, di mana Suanarti terlihat memamerkan 180 gram emas yang diklaimnya dibeli di Tanah Suci.

Kejadian ini terjadi setelah Suanarti pulang dari ibadah haji di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar pada Rabu (5/7/2023). Disebut-sebut, harga setiap gramnya bernilai jutaan rupiah.

Fakta Jemaah Haji Makassar Pamer Emas

  1. Emas Palsu

Dalam pengungkapan yang baru-baru ini dilakukan oleh Bea Cukai, terbukti bahwa emas seberat 180 gram yang dikenakan oleh Suanarti Daeng Kanang hanyalah barang imitasi.

Pihak Bea Cukai Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) telah memastikan bahwa emas tersebut tidak asli.

  1. Dibeli Dibawah Rp1 Juta

Ria Novikasari, Humas Bea Cukai Makassar, mengungkapkan bahwa emas imitasi tersebut dibeli oleh Suanarti di Arab Saudi.

"Perhiasan yang diklaim sebagai emas oleh Suanarti seberat 180 gram dibawa dari Jeddah hingga tiba di Makassar dan dibawa ke Bea Cukai saat dilakukan pemeriksaan tadi. Total nilai dari seluruh perhiasan tersebut adalah sekitar Rp 900.000-an," ujar Ria Novikasari.

  1. Pernyataan MUI Sumsel

Dr. KH Ruslan Wahab MA, Ketua Bidang Fatwa MUI Sulsel, memberikan komentar mengenai video seorang jemaah haji yang beredar di media sosial, terutama di TikTok yang diunggah oleh akun @info_apa_.

Ketua Bidang Fatwa MUI Sulsel, memberikan komentar 

Dalam video tersebut, seorang wanita memamerkan kedua tangannya yang dipenuhi dengan gelang dan cincin emas, sementara lehernya juga terhiasi perhiasan emas.

Menurut KH Ruslan, tindakan memamerkan perhiasan ini bukanlah bagian dari tradisi Bugis Makassar. Ia menyatakan bahwa dalam budaya mereka, yang diutamakan adalah semangat keberagamaan, bukan tampilan yang glamor.

"Ini merupakan perbuatan orang-orang tertentu yang melanggar agama Islam dan tradisi Bugis Makassar," ungkapnya di Makassar pada Senin (10/7/2023), seperti yang dilansir oleh situs MUI.

  1. Merasa Malu

Sunarti, merasa malu dan sedih sebagai respons terhadap situasi tersebut. Bagi Sunarti, ada alasan khusus mengapa ia memakai ratusan gram emas saat pulang dari ibadah haji.

"Dalam hatiku, aku merasa malu. Aku khawatir orang-orang akan menganggapku memamerkan kekayaanku. Padahal, aku tidak pernah menyangka bahwa hal ini akan menjadi viral," ucap Sunarti kepada Kompas.com saat dihubungi melalui pesan WhatsApp (WA) pada Rabu (5/7/2023) malam.

Selain fakta jemaah haji makassar pamer emas, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi