Profil Budi Arie Setiadi, Menkominfo dengan Harta Rp101 Miliar

| 17 Jul 2023 15:15
Profil Budi Arie Setiadi, Menkominfo dengan Harta Rp101 Miliar
Profil budi arie setiadi (dok VOI)

ERA.id - Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang menggantikan Johnny G Plate.

Artikel ini akan membahas profil Budi Arie Setiadi beserta kekayaan yang dimilikinya.

Perlu diketahui Budi Arie, sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Desa PDTT (Wamendes). Selain Budi Arie, Jokowi juga akan melantik lima orang Wakil Menteri (Wamen) lainnya, berikut di antaranya:

●        Nezar Patria akan menjabat sebagai Wamenkominfo

●        Paiman Raharjo akan menjadi Wamendes

●        Pahala Mansury, yang sebelumnya menjabat sebagai Wamen BUMN, akan pindah tugas menjadi Wakil Menteri Luar Negeri

●        Rosan Roeslani akan menjadi Wakil Menteri BUMN

●        Zainut Tauhid Sa'adi digantikan oleh Saiful Rahmat Dasuki di posisi Wamenag

Profil Budi Arie Setiadi

  1. Mantan Jurnalis

Sebelum terjun ke dunia politik, Budi Arie telah memiliki pengalaman yang cukup luas di bidang jurnalistik. Pada rentang tahun 1994 hingga 1996, ia bekerja sebagai wartawan untuk Media Indonesia dan kemudian bergabung dengan Kontan dari tahun 1996 hingga 2001. Pada tahun 2008 hingga 2009, Budi juga menjabat sebagai pemimpin umum Tabloid Bangsa.

  1. Bergabung PDIP

Pada tahun 2005, Budi memutuskan untuk beralih ke dunia politik dan bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan). Ia pernah menjabat sebagai Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) PDI-Perjuangan DKI Jakarta serta menjadi Wakil Ketua DPD PDI-Perjuangan DKI Jakarta.

  1. Mendirikan Relawan Jokowi

    Budi mendirikan relawan bernama Pro Jokowi (Antara)

Pada tahun 2013, Budi mendirikan relawan bernama Pro Jokowi (Projo) untuk mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden dalam Pemilihan Umum 2014 dan 2019. Hingga saat ini, Budi masih menjabat sebagai Ketua Umum DPP Projo.

  1.  Menulis Buku

Selain aktif di dunia politik, Budi juga telah menerbitkan dua buku. Buku pertamanya, yang berjudul "Berubah Demi Rakyat," diterbitkan pada tahun 2004. Kemudian, pada tahun 2015, ia menerbitkan buku kedua yang berjudul "Menjemput Takdir Sejarah."

  1. Total Kekayaan

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dapat diakses melalui website Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Budi Arie melaporkan memiliki harta senilai Rp 101.018.800.000 atau jika dibulatkan menjadi Rp 101 miliar. Kekayaannya tersebut terdiri dari aset berupa tanah dan bangunan, tiga unit mobil, harta bergerak lainnya, surat berharga, kas dan setara kas, serta harta lainnya.

Selain profil budi arie setiadi, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi