Inilah Spesifikasi Pesawat Tempur Boeing F-15EX yang Segera Dimiliki Indonesia

| 22 Aug 2023 14:10
Inilah Spesifikasi Pesawat Tempur Boeing F-15EX yang Segera Dimiliki Indonesia
Menteri Prabowo bersama pihak Boeing dalam pemesanan pesawat tempur Boeing F-15EX (situs resmi Kemhan)

ERA.id - TNI AU segera mendapatkan tambahan kekuatan tempur berupa pesawat F-15EX. Pemerintah Indonesia dan Boeing Company, pabrikan pesawat tempur Amerika Serikat (AS), telah menandatangani MoU akuisisi 24 pesawat tersebut di St Louis, Missouri, AS pada Senin (21/8/2023).

Spesifikasi pesawat tempur Boeing F-15EX terbilang menakjubkan. Saat ini Indonesia menunggu pengiriman pesawat-pesawat tersebut dari AS ke Tanah Air. Meski telah difinalisasi, penjualan F-15EX untuk Indonesia masih butuh persetujuan dari pemerintah (DPR) AS.

"Pesawat tempur canggih ini akan melindungi dan mengamankan negara kita dengan kemampuannya yang canggih," terang Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, yang menyaksikan penandatanganan MoU, dikutip Era.id dari situs resmi Boeing.

Spesifikasi Pesawat Tempur Boeing F-15EX

Pesawat tempur Boeing F-15EX merupakan versi tercanggih dari F-15. Pesawat ini memiliki kontrol penerbangan digital fly-by-wire, sistem peperangan elektronik baru, kokpit dengan perangkat glass cockpit, dan sistem misi serta software terbaru.

Penandatanganan MoU pemesanan pesawat tempur Boeing F-15EX (situs resmi Kemhan)

Dilansir siaran pers Kementerian Pertahanan (Kemhan), F-15EX buatan Boeing ini punya keunggulan dalam kemampuan daya angkutm, yaitu bisa membawa muatan seberat 29.500 pound (sekitar 13.380 kg).

“Ini membuatnya mampu membawa lebih banyak senjata dibandingkan pesawat tempur generasi sebelumnya,” tulis Kemhan.

Pesawat tempur Boeing F-15EX juga memiliki kinerja mesin yang tinggi dan teknologi modern yang membuatnya bisa melaju dengan sangat cepat dan lincah saat bermanufer di udara.

“Struktur pesawat F-15EX dipastikan kuat dengan design untuk memiliki umur layanan hingga 20.000 jam terbang. Hal ini memberikan keunggulan dalam hal daya tahan dan rentang operasional yang panjang,” lanjut keterangan Kemhan.

Kemhan menyatakan, keseluruhan keunggulan yang dimiliki membuat Boeing F-15EX menjadi salah satu pesawat tempur paling canggih dan paling serbaguna di dunia saat ini.

Berbagai Fitur dan Kecanggihan Pesawat Tempur Boeing F-15EX

·         Sistem avionik canggih

Pesawat tempur Boeing F-15EX memiliki sistem radar canggih dan avionik lain yang memungkinkan pendeteksian dan pelacakan target dengan akurasi yang tinggi.

·         Kemampuan survivabilitas

Boeing F-15EX dibekali perlindungan elektronik, termasuk sistem perang elektronik canggih yang meningkatkan kemampuan bertahan hidup di medan perang.

·         Integrasi senjata

Pesawat ini mampu membawa beban yang berat. Berbagai jenis senjata bisa dibawa ke medan perang, seperti rudal udara-ke-udara, bom, dan senjata khusus yang lain.

·         Pemeliharaan mudah

Desain F-15EX dibuat dengan beberapa pertimbangan, salah satunya untuk meminimalkan biaya operasional dan pemeliharaan. Desain ini juga dibuat untuk memperpanjang jangka waktu masa perawatan.

·         Kemampuan multi-misi

Pesawat tempur canggih ini bisa dioperasikan dalam berbagai misi, seperti superioritas udara, serangan darat, bahkan operasi maritim.

·         Konektivitas

Pesawat tempur Boeing F-15EX dirancang untuk bisa melakukan komunikasi dan beroperasi secara baik dalam jaringan pertempuran yang lebih luas. Pesawat ini bisa berkolaborasi dengan sistem lain, seperti satelit, pesawat lain, dan UAV.

Rekomendasi