Daftar KB yang Ditanggung BPJS Kesehatan, Cek Layanannya

| 30 Aug 2023 14:05
Daftar KB yang Ditanggung BPJS Kesehatan, Cek Layanannya
Ilustrasi program KB (Freepik)

ERA.id - Layanan program Keluarga Berencana (KB) gratis menjadi salah satu program yang disediakan dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan. Masyarakat yang sudah berkeluarga bisa memanfaatkan beberapa daftar KB yang ditanggung oleh BPJS 2023. 

Pemerintah mengadakan program KB sebagai upaya menyeimbangkan kebutuhan dan populasi penduduk. Untuk mendorong masyarakat agar lebih terencana dalam memiliki anak, pemerintah mengadakan program KB secara gratis. Lantas apa saja KB yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan?

Layanan KB yang Ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Program BPJS Kesehatan menghadirkan beberapa layanan KB, seperti KB implan, KB suntik, dan lainnya. Besaran tarif layanannya telah termuat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2023 tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan dalam Penyelenggara Program Jaminan Kesehatan. 

program KB (Freepik)

Berikut ini daftar layanan KB yang ditanggung BPJS Kesehatan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat:

KB Suntik

KB suntik dapat digunakan untuk mencegah kehamilan dengan penggunaan yang praktis dan aman, serta efektif. BPJS Kesehatan juga menyediakan dukungan biaya untuk pelayanan KB suntik, dengan tarif sebesar Rp 20.000 setiap kali penyuntikan. Pelayanan KB suntik yang disediakan oleh BPJS Kesehatan diberlakukan setiap 3 bulan.

KB Spiral atau IUD

KB spiral atau intrauterine device (IUD) merupakan alat kontrasepsi berbentuk spiral atau seperti huruf T yang pemakaiannya dimasukkan ke dalam rahim. Jenis KB ini juga masuk dalam layanan BPJS Kesehatan. Biaya pemasangan KB spiral atau IUD yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan ditetapkan sebesar Rp 105.000.

Tubektomi dan Vasektomi

Tubektomi dan vasektomi merupakan metode yang mampu menghentikan atau menghambat proses kehamilan. Vasektomi adalah jenis KB yang penerapannya dilakukan dengan memutuskan saluran sperma pada alat reproduksi pria untuk mencegah pembuahan. 

Sementara tubektomi merupakan alat kontrasepsi yang diperuntukkan bagi wanita, dengan memutus saluran indung telur untuk menghalangi pergerakan sel telur menuju rahim. Layanan KB ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2023, untuk layanan Keluarga Berencana Metode Operasi Pria (KBMOP) atau vasektomi dengan tarif sebesar Rp 370.000.

KB Implan

BPJS Kesehatan juga menanggung layanan pemasangan dan/atau pencabutan KB implan atau dikenal sebagai KB susuk. Layanan KB Implan dari BPJS Kesehatan ditetapkan sebesar Rp 105.000. KB Implan adalah jenis kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan. 

Alat kontrasepsi ini berbentuk seperti tabung plastik elastis dan berukuran kecil menyerupai batang korek api yang penggunaannya dimasukkan ke dalam jaringan lemak pada lengan atas wanita. 

KB Implan  ditanamkan di bawah kulit dan melepaskan hormon progestin secara perlahan. Hormon ini mencegah ovulasi, menebalkan lendir di leher rahim, serta mempengaruhi lapisan rahim untuk mencegah kehamilan jika terjadi pembuahan.

Pemasangan Alat Kontrasepsi dan Konsultasi

BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan untuk pemasangan alat kontrasepsi dan konsultasi, yakni untuk kontrasepsiIUD Nova T dan Copper T. Biaya pemasangan dan/atau pencabutan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) dijamin oleh BPJS Kesehatan sebesar Rp 105.000.

Demikianlah beberapa layanan KB yang ditanggung BPJS 2023 dan bisa dimanfaatkan masyarakat agar lebih terencana dalam berkeluarga. Pemerintah terus mendorong masyarakat agar memaksimalkan penggunaan layanan KB demi terciptanya keluarga yang lebih sejahtera. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi