Demokrat Akui Dekati Kubu Ganjar dan Prabowo, Bakal Berlabuh ke Mana?

| 09 Sep 2023 13:06
Demokrat Akui Dekati Kubu Ganjar dan Prabowo, Bakal Berlabuh ke Mana?
Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat Herman Khaeron pada acara Syukuran Hari Ulang Tahun Ke-22 Partai Demokrat di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Sabtu (9/9/2023). ANTARA/Fath Putra Mulya

ERA.id - Partai Demokrat mengaku sudah menjalin komunikasi baik dengan pihak bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto. Hal tersebut disampaikan Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat Herman Khaeron saat Syukuran Hari Ulang Tahun Ke-22 Partai Demokrat.

Herman berharap komunikasi yang berjalan baik tersebut dapat membuka jalan bagi Partai Demokrat untuk berlabuh. Meski begitu, ungkapnya, keputusan akhir tetap ditentukan oleh majelis tinggi Partai Demokrat.

"Alhamdulillah, komunikasi berjalan baik dan mudah-mudahan ini adalah membuka jalan apakah nanti kepada Ganjar atau Prabowo tentu akan ditentukan di majelis tinggi partai dan terus kami bekerja, komunikasi," ucapnya saat ditemui dalam acara Syukuran Hari Ulang Tahun Ke-22 Partai Demokrat di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Sabtu (9/9/2023) seperti dilansir dari Antara.

Ia menegaskan bahwa Partai Demokrat tidak bisa memaksakan kehendak kepada koalisi pendukung Ganjar maupun Prabowo.

"Sebagai pendatang baru dalam koalisinya, tentu kami juga berharap terbuka pintu itu dari pihak koalisi dan tidak bisa juga kami memaksakan," kata Herman.

Menurutnya, Partai Demokrat memprioritaskan rencana pertemuan lebih lanjut kepada dua bacapres tersebut dan sudah mendekati para petinggi partai koalisi untuk mengatur jadwal pertemuan.

"Ya, semua itu prioritas. Komunikasi politik ini penting. Negara ini dibangun oleh kita semua, oleh rakyat kita semua, oleh semua partai. Oleh karena itu, komunikasi dijalin dengan semua partai dengan para kandidat, tentu ini adalah sebuah iklim politik yang menurut saya harus dibangun oleh siapa pun," imbuhnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat menyatakan mencabut dukungannya kepada bacapres Anies Baswedan dan hengkang dari Koalisi Perubahan. Dan hingga saat ini, partai tersebut belum menentukan arah dukungan yang baru.

Rekomendasi