Profil Otto Hasibuan: Pengacara Jessica Wongso yang Menjadi Sorotan Media

| 09 Oct 2023 18:06
Profil Otto Hasibuan: Pengacara Jessica Wongso yang Menjadi Sorotan Media
Profil otto hasibuan (IG)

ERA.id - Profil Otto Hasibuan banyak dicari oleh warnaget setelah kasus “kopi sianida” kembali mencuat ke publik.

Otto Hasibuan adalah seorang mantan pengacara yang terlibat dalam kasus terdakwa pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan menggunakan kopi yang dicampur sianida, yaitu Jessica Kumala Wongso pada tahun 2016.

Dalam peristiwa tersebut, Mirna Salihin meninggal dunia karena keracunan sianida yang dicampurkan dalam es kopi di kafe Olivier di Mall Grand Indonesia, Jakarta.

Profil Otto Hasibuan

  1. Kelahiran Sumut

Otto Hasibuan, lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, pada tanggal 5 Mei 1955, merupakan anak bungsu dari sepuluh bersaudara.

Ayah Otto memiliki marga Hasibuan, sementara ibunya berasal dari keluarga Boru Siahaan. Ibu Otto adalah seorang guru, sementara ayahnya adalah idola baginya.

  1. Mertua Jessica Mila

Pada tahun 1984, Otto Hasibuan menikah dengan Norwati Damanik, dan dari pernikahan mereka, mereka dikaruniai tiga anak perempuan dan satu anak laki-laki.

Beberapa anak Otto Hasibuan di antaranya, Putri Linardo Hasibuan, Lionie Petty Hasibuan, Natalia Octavia Hasibuan, dan Yakup Putra Hasibuan, yang baru-baru ini menikah dengan artis Jessica Mila.

Otto Hasibuan juga telah diberkati dengan lima orang cucu. Selain itu, ia cukup aktif di media sosial dan memiliki akun Instagram dengan nama @ottohasibuanprivate yang memiliki 57,4 ribu pengikut.

  1. Alumni UGM

Otto telah aktif dalam berbagai organisasi sejak masa sekolahnya, bahkan pernah menjabat sebagai ketua OSIS saat SMA. Dalam upaya untuk mengejar pendidikan lebih tinggi, ia pindah ke Pulau Jawa dan melanjutkan studinya di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta dan mengambil jurusan hukum.

  1. Lulusan S2 Australia

Setelah berhasil menyelesaikan gelar S1 di UGM, Otto tidak berhenti di situ. Ia melanjutkan pendidikan tinggi ke luar negeri, khususnya ke Australia. Di sana, ia mengambil studi dalam bidang Hukum Perbandingan di University Technology of Sydney.

  1. Melanjutkan Program Doktoral di UGM

Namun, semangat pendidikan Otto tidak berhenti sampai di situ. Ia kembali ke Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mengejar gelar doktor dalam bidang hukum.

Setelah menyelesaikan pendidikan doktoralnya, Otto memilih untuk menggeluti profesi sebagai seorang advokat, sejalan dengan latar belakang pendidikannya yang kuat dalam hukum.

  1. Yakin Jessica Tidak Bersalah

Pada mulanya, Otto Hasibuan yakin bahwa kliennya akan dibebaskan dari tuntutan hukum, karena fakta-fakta yang diajukan selama persidangan menunjukkan bahwa tidak ada sianida yang ditemukan dalam tubuh Mirna.

Akhirnya Kejaksaan menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara kepada Jessica Kumala Wongso. Hal ini terjadi setelah Mahkamah Agung menolak permohonan kasasi yang diajukan oleh pihak Jessica.

Otto Hasibuan yakin bahwa Jessica akan dibebaskan dari tuntutan hukum (Youtube)
  1. Tidak Meminta Bayaran

Setelah film dokumenter berjudul "Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso" tayang pada akhir September lalu, nama Otto Hasibuan kembali mencuat ke publik.

Dalam sebuah wawancara dengan Karni Ilyas di kanal YouTube Karni Ilyas Club, Otto mengklarifikasi bahwa ia tidak menerima bayaran atas perannya dalam kasus tersebut.

Otto menekankan bahwa tidak ada kompensasi finansial yang diterimanya, hanya sebuah semangkuk bubur yang pernah diberikan oleh ayah Jessica Wongso pada waktu tertentu.

Selain ini akan membahas profil Otto Hasibuan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi