Profil Rosan Roeslani, Kandidat Kuat sebagai Ketua Tim Pemenangan Prabowo

| 17 Oct 2023 17:05
Profil Rosan Roeslani, Kandidat Kuat sebagai Ketua Tim Pemenangan Prabowo
Rosan Roeslani (Foto: Dok. VOI)

ERA.id - Profil Rosan Roeslani yang menjabat Wakil Menteri BUMN disebut-sebut mempunyai kedudukan kuat untuk terpilih sebagai Ketua Tim Pemenangan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Nama Rosan sudah diputuskan oleh Koalisi partai politik yang mengusung Prabowo.

Sebelumnya rencana pemilihan ketua timses Prabowo tersebut dibicarakan secara serius dalam pertemuan petinggi Koalisi Indonesia Maju di Kertanegara IV, Jumat (13/10) lalu.

Pada mulanya, Prabowo menjelaskan bahwa dirinya menerima usulan agar Menteri Investasi Bahlil Lahadalia ditetapkan sebagai ketua tim pemenangan. Namun, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tidak sepakat dan menolak usulan Bahlil Lahadalia memegang posisi sebagai ketua tim pemenangan.

Ia berpendapat, Bahlil masih terlalu muda dan masih belum memiliki banyak pengalaman. Ia lantas menawarkan dua nama lain, antara lain Rosan Roeslani dan Sakti Wahyu Trenggono.

Profil Rosan Roeslani

Rosan yang lahir 31 pada Desember 1968, sebelumnya sudah menuntaskan pendidikan terakhirnya dengan gelar MBA dari European University di Antwerpen, Belgia.

Pada tahun 1996, ia berhasil membawa pulang gelar master dan kembali ke Indonesia. Bersama dua sahabatnya di Jakarta, Sandiaga Uno dan Elvin Ramli, dirinya mulai merintis usaha sebagai finansial avisor. Seperti yang tertulis dalam situs pribadinya, pada tahun 1997, perusahaan yang bergerak di bidang penasehat keuangan ini resmi berdiri dengan nama PT Republik Indonesia Funding, yang lebih dikenal sebagai Finance Indonesia.

Perusahaan kecil dengan kantor seluas 70 meter yang berlokasi di Setiabudi Kuningan, Jakarta, dengan lima karyawan itu pun mulai tumbuh. Jenis usaha yang dipilih Roeslan pada saat itu sangat tepat. Pada tahun 1997 merupakan masa dimana krisis ekonomi melanda Indonesia. Sejumlah perusahaan terancam bangkrut.

Dengan perusahaannya, Roslan hadir untuk menawarkan jasa penasehat keuangan agar perusahaan yang terancam bangkrut kembali sehat dan berdiri. Adapun yang dilakukan oleh Roslan, antara lain berupa pendampingan, restrukturisasi, akuisisi hingga membeli perusahaan dan menjual kembali.

Kesuksesan Roslan mulai terlihat berkat kerja kerasnya. Untuk mmperlebar sayap dan memperkokoh usahanya, Roslan mengganti nama menjadi PT Recapital. Semula yang hanya bergerak di bidang keuangan, selanjutnya menyasar ke dunia asuransi, properti, tambang, batu bara, hingga media.

Roeslan pun membawahi 24.000 orang yang bekerja pada perusahaannya. Ia menyimpan cita-cita besar untuk mempekerjakan 2 juta orang yang di perusahaannya. Selain itu, untuk membantu orang-orang yang tidak mampu, ia juga membentuk Amanah Recapital Foundation.

Rosan Roeslani dan Presiden Jokowi (Dok. Antara)

Pernah menjabat Kadin Indonesia

Salah satu posisi yang pernah ia duduki yaitu Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2015-2021 dan juga Ketua Satuan Tugas Omnibus Law.

Di sisi lain, masa jabatan Rosan di Kadin sebelumnya diinformasikan sudah paripurna. Dikutip dari situs Kadin, pendiri Recapital Advisor ini menjabat Ketua Umum Kadin untuk periode 2015-2020.

Selain bergiat di dunia bisnis, Rosan juga sempat menampilkan diri di ajang politik. Pada masa kampanye pilpres 2019-2024, Rosan Roeslani menggabungkan dirinya ke dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, bersama Ketua Umum HIPMI saat itu Bahlil Lahadalia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Biodata Rosan Roeslani

PENDIDIKAN

·         SMA

·         BA,Oklahoma State University, Amerika Serikat, 1993

·         MBA, Antwerpen European University Belgia, 1996

KARIER

1.       Pekerja di perbankan, 1993

2.       Perintis usaha bisang Finansial Advisor, 1996

3.       Pendiri PT Republik Indonesia Funding, 1997

4.       Pemilik Recapital, 2002

5.       Komisaris PT Visi Media Asia Tbk.

6.       Komisari Saratoga Investama Sedaya

7.       Komisaris Mahaka Media tbk

8.       Non-executive Director di Bumi Plc.

9.       Founder dan Chairman Amanah Recapital Foundation

10.   Chairman serta Dewan Pengawas Yayasan Losari

11.   Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)

12.   Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial  2010-2015

13.   Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) 2015-2020

Demikianlah ulasan tentang profil Rosan Roeslani, yang disebut memiliki kedudukan kuat terpilih sebagai Ketua Tim Pemenangan Prabowo dalam Pilpres 2024 mendatang.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi