Cara Daftar PPG Prajabatan 2023 Agar Dapat Bisa Kuliah Gratis

| 26 Oct 2023 22:05
Cara Daftar PPG Prajabatan 2023 Agar Dapat Bisa Kuliah Gratis
Ilustrasi PPG Prajabatan (Kemendikbud)

ERA.id - Pendaftaran PPG Prajabatan 2023 telah dibuka. Bagi masyarakat yang berminat disarankan untuk mengetahui lebih dulu cara daftar PPG Prajabatan 2023 terbaru. Artikel ini akan memberikan informasi terkait hal tersebut.

Cara Daftar PPG Prajabatan 2023

Seperti diketahui, Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan adalah program pendidikan profesi diperuntukkan bagi masyarakat yang berkeinginan untuk menjadi guru sekolah. Program ini diadakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Program PPG Prajabatan diperuntukkan bagi lulusan sarjana S1 dan sarjana terapan D4 baik dari jurusan pendidikan atau nonpendidikan. Nantinya peserta akan mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa gratis biaya kuliah selama 2 semester.

Setelah lolos dari program PPG Prajabatan, peserta akan mendapatkan Sertifikat Pendidik sebagai bukti memiliki kapasitas sebagai guru di beberapa bidang studi jenjang Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah.

Pendaftaran PPG Prajabatan 2023 (Kemendikbud)

Berikut ini cara mendaftar PPG Prajabatan terbaru tahun 2023, dikutip dari situs PPG Kemendikbud.

  1. Pendaftar harus punya email aktif dan nomor HP aktif serta terdaftar dalam WhatsApp.
  2. Setelah itu pendaftar harus melakukan pendaftaran secara online melalui situs PPG Kemendikbud. Pendaftaran bisa dilakukan dengan memilih “Daftar PPG Prajabatan”, lalu klik “Daftar sebagai Peserta”.
  3. Pendaftar harus membuat akun pendaftaran di aplikasi SIMPKB dengan memasukkan email aktif. Setelah pendaftaran selesai, peserta akan menerima konfirmasi pendaftaran yang dikirim ke email yang sudah didaftarkan sebelumnya. Klik tautan tersebut untuk lanjut ke proses selanjutnya.
  4. Masukkan beberapa data yang diminta seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama, Jenis Kelamin dan Tanggal Lahir. Data tersebut akan dilakukan verifikasi otomatis. Setelah proses verifikasi selesai akun baru bisa dibuat.
  5. Setelah akun selesai dibuat, silakan lanjut ke proses pendaftaran selanjutnya dengan cara login ke aplikasi SIMPKB menggunakan username dan password.
  6. Pendaftar harus melengkapi data yang diminta meliputi biodata diri, data kemahasiswaan, bidang studi PPG, data pendukung lain yakni pengalaman ikut pelatihan, pengalaman organisasi, pengalaman sukarelawan, melatih/mengembangkan orang lain, hobi, dan esai.
  7. Pendaftar juga diwajibkan mengunggah beberapa dokumen yakni sebagai berikut.
    • Foto terbaru pakaian formal (kemeja putih, berdasi hitam, rambut rapi, bagi yang berhijab menggunakan jilbab warna hitam) serta latar belakang biru. Ukuran file maksimal 1Mb.
    • Pakta integitras dengan tanda tangan di atas materai Rp 10.000,00 (sepuluh ribu rupiah).
    • SK Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dan transkrip asli dari Perguruan Tinggi asal (khusus calon mahasiswa lulusan Luar Negeri).
  8. Verifikasi data kemahasiswaan dan linieritas Program Studi S-1/D-IV dengan bidang studi PPG yang dipilih dilakukan secara sistem, dan jika dinyatakan valid/linier maka pendaftar dapat melanjutkan ke proses pembayaran biaya pendaftaran seleksi. Jika tidak valid/linier, maka proses pendaftaran tidak dapat dilanjutkan.
  9. Pendaftar akan dikenai biaya pendaftaran seleksi untuk mengikuti tes substantif (tes tahap II) setelah semua data administrasi dinyatakan memenuhi syarat. Pada tahap ini, pendaftar akan diminta untuk memilih lokasi tes substantif (lokasi TUK) sesuai lokasi yang tersedia.
  10. Setelah lokasi tes dipilih pendaftar harus segera mengakukan pengajuan kode bayar untuk mengunci sementara slot lokasi tes. Pembayaran sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara sesuai mekanisme yang tertera di aplikasi SIMPKB.

Itulah informasi terkait cara daftar PPG Prajabatan 2023. Kunjungi ERA.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Rekomendasi