Bagaimana Menentukan Besaran Watt Lampu Berdasarkan Luas Ruangan? Simak Penjelasan di Sini

| 01 Nov 2023 22:05
Bagaimana Menentukan Besaran Watt Lampu Berdasarkan Luas Ruangan? Simak Penjelasan di Sini
Ilustrasi lampu ruangan. (Pixabay)

ERA.id - Tahukah Anda, ternyata ada cara untuk menentukan besaran watt lampu berdasarkan luas ruangan. Terdapat beberapa ketentuan hingga perhitungan khusus yang harus Anda pertimbangkan.

Pada umumnya, semakin besar jumlah watt, terang lampu yang terpancar juga akan besar dan berpotensi membuat mata siapapun silau. Selain itu, tidak semua warna dan jenis lampu yang cocok dimanfaatkan pada ruangan kerja.

Dengan demikian, Anda perlu memahami jenis lampu apa yang tepat untuk ruang kerja di rumah Anda agar tetap membuat mata nyaman.

Cara Memilih Lampu untuk Ruang Kerja

Bagaimana cara menentukan watt lampu dan warna yang nyaman untuk ruang kerja Anda? Simak penjelasan di bawah ini.

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Periksa kondisi ruangan

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu menentukan posisi ruangan dan memeriksa kondisinya.

Pastikan ruang kerja Anda terdapat jendela yang cukup besar sehingga memungkinkan cahaya alami dari luar masuk ke dalam.

Anda dapat memanfaatkan tirai bermotif atau transparan untuk menutupi jendela agar tidak terlalu silau pada pagi dan siang hari.

Jika ruangan Anda mendapatkan cahaya alami, maka kebutuhan cahaya di ruangan pun akan berkurang, terutama di siang hari. Selain itu, cahaya alami juga dapat membuat mata Anda lebih nyaman saat bekerja.

Ukur luas ruangan dan kebutuhan cahayanya

Selanjutnya, Anda perlu mengukur luas ruang kerja berdasarkan panjang dan lebarnya. Sebab, setiap ukuran ruangan akan membutuhkan cahaya yang berbeda dalam satuan lumens.

Memilih jenis lampu

Ada beberapa jenis lampu yang umumnya digunakan di rumah, misalnya lampu pijar, halogen, CFL, dan LED. Namun, untuk ruang kerja lebih disarankan menggunakan jenis lampu LED.

Pada umumnya, lampu di ruang kerja dapat menyala sepanjang hari sehingga kita harus menggunakan lampu yang hemat dan tidak mudah panas. Nah, dibandingkan dengan jenis lampu lainnya, LED terbukti jauh lebih hemat energi dan memancarkan cahaya yang aman bagi mata.

Cahaya yang terpancar dari lampu LED terkesan lebih lembut dan hangat. Selain itu, lampu LED juga lebih tahan lama dan tidak mudah panas.

Menentukan warna pencahayaan

Warna pencahayaan di ruang kerja juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata serta produktivitas Anda saat bekerja. Umumnya, ruang kerja memerlukan lampu berwarna cool white atau daylight.

Lampu dengan warna warm white akan lebih cocok untuk bersantai dan melepas penat. Adapun lampu berwarna cool white, dapat membuat Anda lebih berkonsentrasi saat bekerja dan belajar. Misalnya, untuk membaca buku, Anda dapat memilih warna lampu daylight.

Pilih jumlah watt

Kira-kira berapa jumlah watt yang Anda perlukan untuk ruang kerja?  Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, tentunya Anda harus terlebih dahulu mengetahui berapa lumens yang dipancarkan dalam setiap watt, terutama jika Anda menggunakan jenis lampu LED. Sebagai informasi, pada umumnya 1 watt dapat memancarkan 75 lumens.

Demikianlah ulasan tentang bagaimana menentukan besaran watt lampu berdasarkan luas ruangan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi