Ini Beberapa Aturan Feng Shui Kamar Tidur yang Bisa Bikin Hoki, Sudah Tahu?

| 27 Dec 2022 20:02
Ini Beberapa Aturan Feng Shui Kamar Tidur yang Bisa Bikin Hoki, Sudah Tahu?
Ilustrasi feng shui kamar tidur (Isaac Martin/Unsplash)

ERA.id - Menurut fengshui, kamar tidur adalah ruang yang paling penting untuk meningkatkan energi positif. Apalagi jika Anda adalah tipe orang yang bekerja atau menghabiskan sebagian besar waktu di dalam kamar tidur. Itulah sebabnya kenapa Anda harus memperhatikan fengshui kamar tidur yang bagus secara keenergian.

Tradisi Cina mempercayai, jika sebuah kamar tidur tidak memiliki aliran energi “chi” yang baik, maka berisiko menimbulkan perpecahan di dalam keluarga dan juga membuat macet rezeki tuan rumah. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan dalam aturan fengshui kamar tidur? Simak penjelasannya berikut.

Ilustrasi kamar tidur (Dmitry Zvolskiy/Pexels)

Menata Feng Shui Kamar Tidur

Bagaimana menata feng shui yang baik bagi kamar tidur? Untuk menjawab pertanyaan ini, simak beberapa aturan feng shui yang harus dilakukan di dalam kamar tidur di bawah ini.

Keseimbangan bentuk ruangan

Ruangan dengan feng shui yang baik yaitu yang berbentuk simetris dan seimbang di setiap sudutnya.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari membuat ruangan kamar dengan bentuk yang tidak beraturan. Sebab, bentuk ruangan ini memiliki sekat dinding yang berpotensi membuat energi positif tidak bisa mengalir ke dalam ruangan.

Anda direkomendasikan untuk menggunakan ruangan kamar tidur dengan bentuk kotak dan persegi panjang, yang seimbang dan bisa terasa luas.

Gunakan warna yang mengandung unsur bumi

Menurut feng shui, warna alam lebih direkomendasikan untuk digunakan di dalam kamar tidur, contohnya warna putih, terakota, peach, creamy, atau kuning pucat.

Hal paling penting yang harus Anda ketahui adalah hindari warna gelap yang mewakili unsur air, contohnya warna biru, hitam, dan hijau. Warna ini diyakini dapat menyapu berkat serta menjadikan kita semakin lelah saat beristirahat di dalamnya.

Anda tidak perlu menerapkan warna-warna tersebut pada seluruh dinding kamar. Namun, Anda bisa menyelaraskannya dengan warna perabot dekorasi.

Perhatikan posisi tempat tidur

Sebaiknya posisikan ranjang menghadap langsung ke arah pintu secara diagonal. Selanjutnya, hindari pemosisian tempat tidur yang membelakangi jendela.

Selain membelakangi cahaya matahari, tata letak ini justru dapat menimbulkan rasa cemas dan juga tidak aman saat berada di dalam ruangan.

Sediakan benda yang berpasangan

Barang yang berpasangan atau Yin Yang diyakini mampu menghasilkan nuansa romantis pada ruangan kamar tidur. Hal ini dipercaya dapat memperkuat hubungan keluarga terutama pasangan.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan dekorasi kamar tidur yang berpasangan, seperti sepasang bantal dan guling, meja nakas yang diletakkan di kanan dan kiri ranjang, dan juga penggunaan dua lampu gantung.

Elemen yang dapat menambah energi positif

Ada  beberapa elemen yang diyakini dapat menambah energi positif menurut feng shui. Salah satunya yaitu pewangi ruangan, seperti essential oil dari diffuser atau aromatic candle. Aroma pewangi ruangan dapat menghasilkan efek rileks dan membuat tubuh tenang.

Beberapa hal yang bisa mengurangi unsur “Chi”

Dalam feng shui, ada beberapa perabot yang diyakini dapat mengurangi unsur Chi di dalam kamar tidur Anda.

Salah satunya yaitu memosisikan cermin dan kaca tepat di depan tempat tidur. Sebab,  diyakini berisiko mengundang orang ketiga, yang mengakibatkan keretakan rumah tangga.

Selain itu, Anda tidak direkomendasikan meletakkan terlalu banyak tanaman hidup di dalam kamar. Sebab tanaman hidup akan terus bertumbuh. Dan semua hal yang bersifat hidup bisa menyerap energi positif di dalam kamar.

Demikianlah beberapa aturan feng shui kamar tidur yang dapat Anda perhatikan. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi