Daftar Pengusaha yang Dukung Ganjar, Anies, dan Prabowo, Simak di Sini

| 13 Nov 2023 17:00
Daftar Pengusaha yang Dukung Ganjar, Anies, dan Prabowo, Simak di Sini
Bobby Nasution bersama Barisan Pengusaha Pejuang mendukung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Menjelang Pilpres 2024, pengusaha menjadi rebutan. Ada yang mendekat ke kubu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, hingga Prabowo Subianto. Sampai saat ini, baru pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang secara resmi mengumumkan line up tim suksesnya. Adapun Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar belum juga mengumumkan Timnas AMIN. Lantas siapa saja daftar pengusaha yang dukung Ganjar, Anies, dan Prabowo? Simak di bawah ini.

Anies-Muhaimin (Timnas Pemenangan AMIN)

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menjelaskan Timnas Pemenangan AMIN tidak akan dipimpin oleh pengusaha ataupun penguasa. Ia tidak ingin AMIN meniru kandidat capres lain yang mengambil tokoh berlatar belakang pengusaha beken.

"Kita bukan dari unsur penguasa dan pengusaha. Kita cari rakyat biasa," kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (3/11).

"Maksudnya kami tidak mengambil tokoh-tokoh ternama dari dunia usaha. kalau bahasa sekarang bukan bagian dari oligarki," imbuhnya.

Dengan kata lain, saat ini belum jelas siapa pengusaha yang berada di barisan pendukung AMIN. Sejauh ini, baru Ketua Umum Partai NasDem sekaligus Pimpinan Media Group Surya Paloh yang dapat diidentifikasi sebagai pengusaha di balik Anies dan Cak Imin.

Pemilik gurita bisnis media massa, mulai dari Metro TV hingga Media Indonesia tersebut merupakan orang pertama yang mengusung Anies Baswedan tampil di kontestasi 2024. Surya Paloh pula yang menjodohkan Anies dengan Cak Imin.

Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

Ganjar-Mahfud (Tim Pemenangan Nasional/TPN)

Pasangan ini memiliki timses bernama Tim Pemenangan Nasional (TPN). Tak tanggung-tanggung, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid disepakati untuk menjadi pemimpinnya.

Selain Arsjad yang memutuskan cuti untuk memenangkan Ganjar-Mahfud, dalam TPN terdapat nama pengusaha yang tak kalah tenar lainnya. Nama-nama tersebut antara lain:

  • Deputi Operasi 247 TPN Ganjar Denon Prawiraatmadja

Denon populer sebagai pengusaha nasional di bidang transportasi udara. Setelah mengakuisisi PT Angkasa Transportindo Selaras, CEO Whitesky Group tersebut mengelola Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma.

  • Sekretaris Eksekutif TPN Heru Dewanto

Heru adalah pengusaha yang merintis di bidang jasa konstruksi. Selama lebih dari 25 tahun, Heru memimpin korporasi multinasional dan perusahaan nasional di bidang investasi dan pengembangan usaha, mulai dari kereta api, LRT, pembangkit listrik, jalan tol, terminal, sampai perumahan.

  • Bendahara Umum TPN Orias Petrus Moedak

Namanya terkenal karena disebut-sebut memberikan peran penting dalam mengambil alih 51 persen saham PT Freeport. Orias sudah malang-melintang di BUMN, seperti Pelindo 2 hingga Inalum.

  • Kepala Staf Pimpinan TPN Regi Wahyu

Regi terkenal sebagai pengusaha, co-founder sekaligus CEO HARA Token, co-founder dan CEO Dattabot (2015-sekarang), dan Asia Pacific Regional Director DUPONT (2007-2010). Ia memimpin sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan blokchain.

  • Wakil Ketua TPN Bagas Adhadirga

Bagas merupakan pendiri dan CEO PT Asia Aero Technology yang aktif di bidang pengembangan dan pelayanan bandar udara. Ia juga populer sebagai design engineering aeordinamika di BIRU System Infrastructure IT dan Dinamika Aviasi Indonesia serta Maintenance, Repair, dan Operation Organization Prizma Engineering Aerodinamika.

  • Ketua Tim Pemenangan Muda (TPM) Dharmaji Suradika

Pria yang akrab disapa Aji ini merupakan co-founder sekaligus CEO dari start-up nonprofit Pemimpin.id. Pada Juli 2019, ia merintis start-up yang aktif di pemberdayaan para pemuda Indonesia.

Prabowo-Gibran (Tim Kampanye Nasional/TKN)

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran juga berisi deretan pengusaha ternama. TKN Prabowo-Gibran juga dipimpin jebolan Kadin, yaitu Ketua Kadin 2010-2015 sekaligus mantan Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani.

Berikutnya, ada deretan pengusaha lain yang ikut bergabung. Nama-nama miliarder ini diinformasikan Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid pada Senin (6/11) lalu.

"Atas izin bapak bacawapres (Gibran Rakabuming Raka) dan ketua (Ketua TKN Rosan Roeslani), kami diminta untuk bacakan susunan TKN Koalisi Indonesia Maju (KIM) pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka," jelas Nusron di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Di bawah ini adalah deretan pengusaha yang bertekad memenangkan Prabowo-Gibran:

  • Pembina TKN Aburizal Bakrie

Aburizal Bakrie tentunya sudah populer sebagai pengusaha dari kerajaan bisnis Bakrie Group. Selain itu, ia merupakan politikus Indonesia yang tergabung dalam Partai Golkar.

  • Wakil Ketua Koordinator Strategis TKN Erwin Aksa

Keponakan Jusuf Kalla ini adalah seorang pengusaha nasional yang mengikuti jejak sang ayah. Namanya mentereng bersama Bosowa Group.

  • Anggota Penasihat TKN Theo Sambuaga

Theo Sambuaga juga bukan orang asing dalam dunia bisnis tanah air. Ia merupakan presiden komisaris PT Lippo Cikarang.

  • Wakil Bendahara Umum TKN Pandu Sjahrir

Pandu adalah keponakan dari Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. Ia merupakan pengusaha tenar dan juga wakil direktur utama PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA).

  • Wakil Ketua Pengarah TKN Hashim Djojohadikusumo

Hashim merupakan adik kandung Prabowo Subianto. Jika Prabowo pernah aktif di bidang militer, Hashim menyibukkan dirinya sebagai pengusaha di bidang pertambangan, program bioethanol, perkebunan karet di kelompok perusahaan Arsari Group.

  • Anggota Penasihat TKN Putri Kuswisnu Wardani

Putri dikenal sebagai pengusaha kosmetik. Ia adalah pemilik brand Mustika Ratu.

  • Anggota Penasihat TKN Maher Algadri

Sepak terjang Maher di dunia bisnis melesat berkat perusahaan Kodel Group. Ia merupakan taipan di era Orde Baru, bahkan namanya tercatat dalam laporan Forbes sebagai konglomerat kelas kakap pada masa tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai daftar pengusaha dukung Ganjar, Anies, dan Prabowo di ajang Pemilu 2024.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi