Syarat daftar akun SIAPkerja Kemnaker, Cepat Dapat Kerja dan Ikut Pelatihan

| 21 Nov 2023 16:00
Syarat daftar akun SIAPkerja Kemnaker, Cepat Dapat Kerja dan Ikut Pelatihan
Syarat daftar akun SIAPkerja Kemnaker (Kemnaker)

ERA.id - Kemnaker menyediakan platform SIAPkerja sebagai layanan publik secara online di bidang ketenagakerjaan. Platform ini dihadirkan untuk membantu masyarakat yang ingin mencari pekerjaan, mendapatkan sertifikat profesional, mengikuti pelatihan, memeriksa status penerimaan BSU, dan lainnya. Lantas apa saja syarat daftar akun SIAPkerja Kemnaker?

Platform SIAPkerja diluncurkan oleh Kemnaker sejak Januari 2022 dengan tujuan membangun dan mengembangkan ekosistem digital ketenagakerjaan. Selain membantu pekerja mendapatkan dan meningkatkan karier, platform ini juga menyediakan berbagai layanan publik dan aktivitas bidang ketenagakerjaan di pusat maupun daerah. 

Dengan adanya platform SIAPkerja, masyarakat bisa lebih mudah mengakses layanan dari Kemnaker dan segala aktivitas yang berhubungan dengan karier atau ketenagakerjaan. Ada beberapa syarat untuk mendaftar akun SIAPkerja Kemnaker.

syarat daftar akun SIAPkerja Kemnaker (Kemnaker)

Syarat Daftar Akun SIAPkerja Kemnaker

Akun SIAPkerja dari Kemnaker merupakan layanan single sign on (SSO) bagi semua layanan ketenagakerjaan yang disediakan di portal kemnaker.go.id. Apabila ingin membuat akun SIAPkerja Kemnaker, berikut ini beberapa persyaratan yang harus disiapkan:

  • Nomor induk kependudukan (NIK), data ini akan diverifikasi pada data kependudukan dan akan menjadi username akun Kemnaker atau SIAPkerja Anda 
  • Nama lengkap ibu kandung 
  • Alamat email yang aktif 
  • Nomor ponsel yang aktif.

Sebagai informasi tambahan, apabila Anda sudah pernah login ke layanan ketenagakerjaan di Portal Kemnaker apapun (seperti SKKNI, WLKP, atau Kelembagaan) maka Anda sudah memiliki akun Kemnaker. Anda bisa memakai alamat email/NIK dan Password yang sama untuk melakukan login dan mengakses layanan ketenagakerjaan yang disediakan.

Setelah memiliki akun dan berhasil login, Anda hanya perlu melengkapi halaman profil yang bisa diakses mulai dari mengisi foto, biodata, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, serta riwayat pelatihan dan sertifikasi. Namun apabila Anda belum bisa login menggunakan alamat email/NIK, silakan membuat atau mendaftar akun terlebih dahulu. 

Cara Daftar Akun SIAPkerja Kemnaker

Berikut ini prosedur atau langkah-langkah untuk mendaftar akun SIAPkerja Kemnaker:

  1. Silakan mengakses laman resmi Kemenaker di https://kemnaker.go.id/ di ponsel atau PC. 
  2. Setelah masuk halaman beranda, pilih menu “Daftar/Masuk” di pojok kanan. 
  3. Jika memakai ponsel, klik ikon garis tiga di pojok kanan atas untuk membuka menu. 
  4. Pada laman login, klik “Daftar sekarang”. Kemudian Anda akan diarahkan ke laman pendaftaran akun. 
  5. Silakan mengisi data berupa nomor induk kepegawaian (NIK), nama lengkap, dan nama ibu kandung. 
  6. Klik “berikutnya” Isi alamat email dan nomor ponsel aktif. Kemudian buat password sesuai dengan ketentuan (minimal 8 karakter yang berisi kombinasi huruf kecil, huruf besar, angka, dan simbol). 
  7. Klik “Daftar sekarang”. Anda akan mendapat kode aktivasi lewat email atau nomor ponsel yang didaftarkan. 
  8. Selanjutnya masukan kode tersebut untuk mengaktivasi akun. 
  9. Akun Anda sudah aktif, kemudian masuk dan lengkapi profil untuk mengakses berbagai layanan SIAPkerja.

Kegunaan Akun SIAPkerja Kemnaker

Masyarakat bisa mendapatkan banyak manfaat dari platform SIAPkerja Kemnaker. Berikut ini beberapa layanan atau kegunaan akun SIAPkerja yang bisa Anda dapatkan:

  • Memeriksa status penerimaan BSU
  • Mencari pekerjaan
  • Mengikuti pelatihan
  • Mendapatkan sertifikat profesional
  • Berbisnis
  • Mendapatkan berbagai jenis pelayanan publik dan aktivitas dalam bidang ketenagakerjaan

Demikianlah informasi syarat daftar akun SIAPkerja Kemnaker dan cara pendaftarannya. Setelah berhasil melakukan registrasi, Anda akan memiliki sebuah Akun Kemnaker yang terintegrasi dengan data kependudukan. Anda sudah bisa menggunakan berbagai layanan ketenagakerjaan yang disediakan oleh Kemnaker. . 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi