Kekayaan Maruli Simanjuntak, Mantan Komandan Paspampres Jokowi yang Diangkat KSAD

| 29 Nov 2023 20:05
Kekayaan Maruli Simanjuntak, Mantan Komandan Paspampres Jokowi yang Diangkat KSAD
Kekayaan maruli simanjuntak (era)

ERA.id - Maruli Simanjuntak merupakan seorang tokoh militer yang tengah menjadi sorotan publik lantaran menjadi kandidat Kuasa Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI. Menjadi pejabat, berapakah kekayaan Maruli Simanjuntak?

Saat ini Maruli Simanjuntak menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad), telah menunjukkan kepemimpinan yang kuat dalam lingkup militer.

Dengan pengalaman dan dedikasinya, Maruli menjadi salah satu figur yang dipertimbangkan oleh Presiden Joko Widodo untuk mengemban tugas sebagai KSAD. Artikel ini akan mengulas lebih lanjut tentang latar belakang, karir, dan potensi kekayaan Maruli Simanjuntak yang menjadi perhatian di tengah dinamika politik dan militer Indonesia.

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., lahir pada 27 Februari 1970 di Bandung, Jawa Barat. Ia merupakan alumni Akademi Militer (Akmil) tahun 1992 dan memiliki keahlian di bidang infanteri.

Selama karirnya, Maruli Simanjuntak telah menduduki berbagai posisi strategis dalam lingkup TNI. Pada tahun 1992, ia berhasil menyelesaikan pendidikan di kecabangan Infanteri (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra.

Maruli Simanjuntak memiliki kekayaan senilai Rp 52,88 miliar (Antara)

Kekayaan Maruli Simanjuntak

Maruli Simanjuntak memiliki kekayaan senilai Rp 52,88 miliar, yang diumumkan dalam laporan pada 31 Maret 2023 untuk periode 2022.

Kekayaan Maruli terdiri dari tanah, bangunan, kendaraan, surat berharga, dan aset bergerak lainnya. Detailnya, kepemilikan tanah dan bangunan mencakup 13 bidang dengan nilai Rp 23,22 miliar, tersebar di beberapa lokasi seperti Bandung, Jakarta, Bogor, dan Buleleng.

Adapun kendaraan Maruli terdiri dari tiga jenis motor, yaitu Piaggio, Kawasaki, dan BMW. Motor termahal yang dimilikinya adalah BMW K-75 Solo Tahun 1995 senilai Rp 109 juta.

Maruli Simanjuntak juga melaporkan memiliki aset bergerak lainnya senilai Rp 2,23 miliar, sementara surat berharga mencapai Rp 4,3 miliar, dan kas serta setara kas mencapai Rp 43,39 miliar.

Dengan tambahan kekayaan lain sebesar Rp 900 juta, total kekayaan yang dimiliki Maruli Simanjuntak mencapai Rp 52,88 miliar.

Pernah Menjadi Komandan Paspampres Jokowi

Ternyata Maruli, yang pernah memegang posisi sebagai komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang mengawal kegiatan Presiden Jokowi, kemudian mendapat promosi sebagai danrem di Solo, kampung halaman Joko Widodo.

Setelahnya, Maruli menjabat sebagai wakil komandan Paspampres sebelum akhirnya ditunjuk sebagai danpaspampres.

Pengalaman Maruli sebagai komandan Grup A Paspampres, membuatnya  bertugas sebagai pengamanan langsung untuk Presiden Joko Widodo. Selain itu, kedekatannya dengan Jokowi, menjadi pertimbangan utama dalam penunjukan jabatan-jabatan penting di TNI.

Selain itu, status Maruli sebagai menantu Luhut Pandjaitan juga menjadi faktor subjektif yang signifikan.

Sebagaimana diketahui, Luhut Pandjaitan, yang merupakan menteri koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dikenal sebagai orang kepercayaan Presiden Joko Widodo untuk mengimplementasikan program-program presiden.

Dengan dilantiknya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Letjen Maruli secara otomatis naik pangkat menjadi jenderal bintang empat. Kenaikan pangkat ini sesuai dengan Keputusan Presiden No 104/TNI/Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Selain kekayaan maruli simanjuntak, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi