Profil Moderator Debat Pertama Capres 2024, Simak Latar Belakangnya di Sini

| 12 Dec 2023 20:00
Profil Moderator Debat Pertama Capres 2024, Simak Latar Belakangnya di Sini
Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto (ANTARA)

ERA.id - Profil moderator debat pertama capres 2024 menjadi sorotan setelah ditentukan untuk memimpin acara debat malam ini. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan dua nama moderator untuk debat pertama Pilpres 2024, yaitu Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel dari TVRI.

"Kita juga sudah mendapatkan moderator untuk diskusi atau debat pertama capres-cawapres, yaitu Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel," kata Komisioner KPU RI August Mellaz di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12/2023).

Dua nama tersebut selanjutnya akan memandu proses debat pertama. Debat akan digelar selama 120 menit. Di bawah ini adalah penjelasan singkat profil kedua moderator debat pertama capes dan cawapres untuk Pemilu 2024:

Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel. (Foto: IG/valerinadaniel)

Profil Ardianto Wijaya

Ardianto Wijaya Kusuma sudah populer sebagai seorang News Anchor atau Pembawa Acara Berita di TVRI Nasional. Pria yang juga sering disapa Jaya ini memulai kariernya di stasiun TVRI Jawa Barat.

Melansir situs Universitas Padjadjaran, Ardianto Wijaya Kusuma pernah tercatat sebagai mahasiswa D3 Broadcasting di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad angkatan 2011. Di Unpad sendiri, Ardianto pernah meraih predikat Putra Padjadjaran, dalam pemilihan Putra Putri Padjadjaran 2013.

Pria yang lahir di Banyuwangi, 25 Agustus 1993 ini selanjutnya meneruskan program Sarjana Jurnalistik di Universitas Sebelas Maret. Setelah lulus dari pendidikan S1-nya, Ardianto Wijaya melanjutkan kariernya sebagai News Anchor di TVRI Nasional, yang tercatat sudah dimulai sejak tahun 2017.

Profil Valerina Daniel

Valerina Daniel adalah seorang News Anchor atau Pembawa Acara Berita di TVRI Nasional. Ia juga dikenal sebagai Penasihat Komunikasi yang khusus bergerak dalam Urusan Pemerintahan, serta sebagai Media/Hubungan Masyarakat dan Keberlanjutan.

Melansir situs resmi Kedutaan Besar Australia-Indonesia, Valerina adalah alumni Monash University, Australia, di bidang Master of Communications and Media Studies. Sebelumnya ia mendapatkan gelar Sarjana Hubungan Internasional dari Universitas Indonesia.

Valerina merupakan sosok jurnalis perempuan senior yang sudah bergelut di bidangnya selama lebih dari 20 tahun. Selain itu, Valerina juga meniti karier panjang di beberapa stasiun televisi nasional, diantaranya SCTV, Metro TV, BeritaSatu, ANTV dan TVRI.

Selain nama moderator, KPU juga sudah menentukan 11 nama panelis debat capres-cawapres untuk Pilpres 2024. Nama-nama tersebut ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) KPU Republik Indonesia.

"Jadi yang jelas, tentu setelah kesediaan itu, KPU menetapkan penetapan, membuat SK bahwa nama-nama panelis ini-ini. Kemudian mereka juga akan menandatangani pakta integritas karena inikan ada beberapa quote of conduct yang harus disepakati dan termasuk penetapan atau SK untuk moderator," ujarnya.

Debat Pilpres 2024 akan diselenggarakan dengan format 3 kali debat capres dan 2 kali debat cawapres. Debat perdana digelar untuk kandidat capres.

Debat perdana ini akan diselenggarakan di Kantor KPU RI pada Selasa (12/12/2023). Tema debat perdana untuk capres tersebut antara lain pemerintahan, hukum, HAM, penguatan demokrasi, pemberantasan korupsi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Demikianlah ulasan tentang profil moderator debat pertama Capres 2024 yang akan memandu jalannya acara.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi