Formasi CPNS Paling Banyak Dibuka 2024, Simak di Sini

| 20 Dec 2023 16:08
Formasi CPNS Paling Banyak Dibuka 2024, Simak di Sini
Ilustrasi PNS (Dok. Antara)

ERA.id - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sudah mengumumkan informasi bocoran mengenai lowongan aparatur sipil negara (ASN) yang termasuk PNS dan PPPK untuk tahun depan. Lantas apa saja formasi CPNS paling banyak dibuka 2024? Simak ulasannya di bawah ini.

Kementerian PANRB menjelaskan pemerintah masih akan fokus pada penyelesaian persoalan non-ASN sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN di tahun depan. Namun, tidak menutup kemungkinan pemerintah akan merekrut talenta-talenta baru.

"Kami tadi melaporkan perlunya fresh graduate yang lebih besar, tapi belum diputuskan, masih dikaji dalam minggu ini untuk didalami. Kami minta didalami berapa yang diperlukan mulai dari dokter, guru, hingga talenta-talenta digital yang akan direkrut," jelas Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam keterangan resmi, Rabu (13/12/2023).

Ilustrasi ASN (Antara)

Formasi CPNS Paling Banyak Dibuka 2024

Selain itu, kebijakan pemenuhan formasi ASN di tahun depan juga masih difokuskan pada pemenuhan kebutuhan ASN untuk pelayanan dasar, antara lain guru dan tenaga kesehatan. Sedangkan proyeksi kebutuhan ASN di tahun 2024 diberikan untuk instansi pusat, instansi daerah, dan lulusan sekolah kedinasan.

"Pemerataan guru di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) menjadi salah satu fokus pengadaan di tahun depan. Pemerintah juga akan memberi afirmasi bagi guru non-ASN yang telah mengabdi di daerah 3T agar bisa diakomodir menjadi PPPK," ungkap Anas.

Anas juga menyatakan rekrutmen CASN tahun 2024 akan membidik 1,6 juta honorer yang masih harus diakomodasi. Dalam waktu dekat, Anas berharap akan turun kebijakan yang mengatasi penataan tenaga non-ASN.

Kebijakan rekrutmen CASN tahun 2024 diharapkan bisa mengurangi jabatan yang akan terkena dampak oleh transformasi digital, sehingga rekrutmen CASN tahun 2024 akan lebih mengutamakan talenta-talenta digital.

"Arah rekrutmen ASN talenta digital ini untuk berfokus pada menciptakan nilai tambah ekonomi," tuturnya.

Kementerian PANRB sebelumnya juga sudah membocorkan mengenai jumlah formasi yang akan dibuka di rekrutmen CASN pada tahun 2024.

"Tahun 2024 kita sudah hitung, formasi yang akan kita siapkan itu sekitar 1,3 juta. Perhitungan itu didasarkan pada, pertama, sisa formasi 2023," jelas Plh. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja dalam keterangan resmi.

Jumlah ASN yang Pensiun Jadi Pertimbangan

Selain sisa formasi, Kementerian PANRB juga menjadikan jumlah ASN yang pensiun pada tahun 2024 dan kebutuhan riil di lapangan sebagai pertimbangan jumlah formasi yang akan dibuka dalam rekrutmen CASN pada tahun depan.

Dalam seleksi CASN 2024 atau seleksi CPNS-PPPK, pemerintah mengupayakan membuka lebih banyak formasi untuk lulusan baru atau fresh graduate.

Namun, hal penting yang harus diketahui adalah bahwa tujuan utamanya bukan hanya untuk mengurani pengangguran, tetapi untuk menyaring individu dengan keterampilan terkini yang mampu mendukung reformasi birokrasi pemerintah.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas, seleksi CPNS tidak akan mampu memenuhi harapan besar publik, sebab ASN bukanlah lembaga penampung pengangguran. Saat ini, pemerintah memerlukan SDM yang menguasai keterampilan dalam teknologi informasi, sesuai dengan fokus penguatan keamanan siber nasional.

Demikianlah ulasan mengenai formasi CPNS paling banyak dibuka 2024. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi