Spesifikasi Mobil Listrik yang Dikasih Jokowi untuk SMKN Kedungwuni, Ini Dia

| 22 Dec 2023 08:00
Spesifikasi Mobil Listrik yang Dikasih Jokowi untuk SMKN Kedungwuni, Ini Dia
Ilustrasi mobil listrik Nissan Kicks e-POWER (asia.nissannews.com)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan mobil listrik guna mendukung pembelajaran siswa jurusan otomotif di SMKN 1 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Mobil listrik itu diberikan untuk digunakan sebagai bahan praktik siswa-siswi di jurusan otomotif SMKN 1 Kedungwuni. Spesifikasi mobil listrik yang dikasih Jokowi untuk SMKN 1 Kedungwuni adalah Wuling Air ev.

Presiden Jokowi dalam kunjungan ke SMKN 1 Kedungwuni tersebut juga didampingi oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq.

Adapun pemberian mobil listrik dari Jokowi itu disambut baik oleh SMKN 1 Kedungwuni melalui Kepala Sekolah SMKN 1 Kedungwuni, Ibnu Nafis. SMKN 1 Kedungwuni merasa senang mendapat sumbangan mobil listrik tersebut. Terlebih di era sekarang mobil listrik tengah menjadi tren di pasar global.

Presiden Jokowi tiba di SMKN 1 Kedungwuni sekitar pukul 12.15 WIB kemudian langsung masuk ke sejumlah kelas, antara lain kelas jurusan Teknik Permesinan, Teknik Kendaraan Ringan, hingga Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Kepala Kompetensi Jurusan Teknik Permesinan SMKN 1 Kedungwuni, Rino Sukarno, menuturkan bahwa Presiden Jokowi juga mendorong agar peralatan yang dimiliki sekolah untuk kegiatan pembelajaran dapat terus dikembangkan.

Wuling Air ev Lite. (Dok. Wuling Motors)

Spesifikasi Mobil Listrik Yang Dikasih Jokowi

Wuling Air ev yang diberikan untuk SMKN 1 Kedungwuni itu adalah Standard Range. Wuling Air ev hadir dalam tiga varian yaitu Air ev Lite, Standard Range, dan Long Range. Varian Standard Range dapat dikatakan merupakan versi tengah.

Harga Wuling Air ev Standard Range ini mulai dari Rp 243 juta (OTR Jakarta). Jika dihitung dengan subsidi, harga Wuling Air ev Standard Range yaitu sekitar Rp 222 jutaan. Wuling Air ev Standard Range dibekali dengan baterai Lithium Ferro-Phospate dengan rating IP67. Kapasitas baterainya 17,3 kWh dan voltasenya 115 V. Wuling Air ev mengusung tenaga penggerak 30 kW yang disalurkan melalui roda belakang.

Dapat Tempuh Jarak Hingga 200 KM

Wuling Air ev Standard Range ini dapat menempuh jarak hingga 200 km. Untuk pengecasan bisa dilakukan selama 8.5 jam dengan sistem AC 2.0 kW. Dari sisi fitur keamanan, Wuling Air ev Standard Range sudah disematkan 2 airbag, sistem pengereman ABS dan EBD, Isofix, hingga sensor parkir belakang dan kamera.

Ketika berdialog bersama para siswa usai peninjauan, Presiden Jokowi berpesan agar seluruh siswa dapat belajar dengan giat untuk masa depan yang baik.

Pemberian Presiden Jokowi berupa mobil listrik ke SMKN 1 Kedungwuni 1 ini kiranya menjadi motivasi untuk giat belajar dan memiliki cita-cita sampai tingkat tertinggi bagi para pelajar di SMKN 1 Kedungwuni secara spesifik dan para pembelajar secara luas.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi