Spesifikasi dan Harga Mobil Esemka Bima EV yang Diimpor Langsung dari China

| 20 Feb 2023 20:05
Spesifikasi dan Harga Mobil Esemka Bima EV yang Diimpor Langsung dari China
Esemka Bima EV. (Foto: Dok. Antara)

ERA.id - Setelah kabarnya menghilang sekian lama, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) memperkenalkan kembali mobil barunya. Mobil Esemka tersebut dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang diselenggarakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pada 16-26 Februari 2023. Esemka memamerkan dua jenis produk kendaraan listrik, yaitu Esemka Bima EV, yang terdiri dari varian Cargo Van dan Passenger Van. Kira-kira, bagaimana spesifikasi dan harga mobil Esemka Bima EV?

Eddy Wirajaya, selaku Presiden Direktur Solo Manufaktur Kreasi, menyebutkan bahwa sosialisasi mobil listrik di IIMS ini diharapkan ikut memberikan kontribusi percepatan proses peralihan dari mobil konvensional menuju kendaraan listrik atau electric vehicle/EV) yang lebih ramah lingkungan.

Diimpor dari China

Namun, dua mobil yang dipamerkan di IIMS ini ternyata tidak murni produksi dalam negeri karena diimpor dari China. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan pula jika mobil ini akan diproduksi di pabrik sendiri.

"Prototipe mobil listrik Esemka yang dipamerkan di IIMS merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan otomotif lain di luar negeri," jelas Eddy dalam konferensi pers di IIMS 2023.

Terkait peluang bisnis, Eddy mengaku siap menjalin kemitraan dengan siapapun karena dirinya merupakan pihak swasta.

"Kami sudah banyak bermitra dengan yang lain dan kita posisinya tetap terbuka, apabila dalam waktu kondisi yang sama bisa menjadi suatu kolaborasi bersama kami akan lakukan," kata Eddy. Lalu bagaimana spesifikasi mobil Esemka Bima EV? Simak penjelasan dan harganya di bawah ini.

Spesifikasi dan Harga Mobil Esemka Bima EV

Spesifikasi dan harga mobil Esemka Bima EV. (Foto: Theresia Agatha/VOI)

Seperti yang diinfokan, PT Solo Manufaktur Kreasi menyosialisasikan dua varian Esemka Bima EV yang mempunyai dimensi Panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm. Bima EV Passenger Van diklaim memiliki kemampuan daya tampung 11 penumpang, sedangkan Bima EV Cargo VAN mempunyai dua kursi untuk pengemudi dan penumpang di bagian depan. Kedua jenis mobil ini dilengkapi motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018. Motor listrik ini mampu mengeluarkan daya maksimal 75 kW dan torsi maksimal 165 Nm.

Tenaga ini disalurkan lewat motor listrik dengan sistem penggerak roda belakang melalui transmisi 1st reduce gear. Bima EV juga dilengkapi sistem baterai listrik Terany Lithium dengan kapasitas 49,1 kWh dengan 350,4 V.

Baterainya juga dapat diisi daya dengan sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama 1 jam serta slow charge (AC) hingga 8 jam. Dalam sekali pengisian daya, baterai dapat digunakan untuk berkendara hingga sejauh 300 km. Mobil listrik Esemka untuk passenger van mempunyai kapasitas 11 tempat duduk dan terdapat AC double blower. Adapun untuk Blind Van Cargo dilengkapi AC single Blower.

"Esemka percaya mobil listrik akan menjadi masa depan bagi industri otomotif di Indonesia melalui adanya target terkait penurunan emisi, serta beberapa kebijakan pemerintah untuk mengakselerasi penggunaan kendaraan listrik, baik yang saat ini sudah ada dan di masa mendatang," jelas Eddy.

Sementara itu, harga Mobil Esemka Cargo Van dibanderol Rp530 juta dan versi Passenger Van senilai Rp540 juta. Harga ini diklaim lebih murah daripada mobil listrik jenis lain yang hadir di Indonesia.

Demikianlah penjelasan mengenai spesifikasi dan harga mobil Esemka Bima EV, semoga ulasan ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi