Keluarga Jokowi yang Dapat Tanda Kehormatan dari Negara, Ini Daftarnya

| 25 Apr 2024 20:00
Keluarga Jokowi yang Dapat Tanda Kehormatan dari Negara, Ini Daftarnya
Joko Widodo. (DOK ANTARA)

ERA.id - Presiden Joko Widodo akan memberikan anugrah Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada anak dan mantunya, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution pada Kamis (25/4/2024). Sebenarnya, itu bukanlah pertama kalinya Jokowi menganugrahkan tanda kehormatan bagi anggota keluarganya. Ada beberapa anggota keluarga Jokowi yang dapat tanda kehormatan dari negara. Siapa saja mereka? Simak ulasannya di bawah ini.

Keluarga Jokowi yang dapat Tanda Kehormatan

  • Iriana

Jokowi diketahui pernah menganugrahkan tanda kehormatan kepada istrinya, Iriana, pada tanggal 14 Agustus 2023 lalu. Pada saat itu, Iriana menjadi salah satu dari 18 penerima tanda kehormatan.

Iriana dianugrahi tanda kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana. Jokowi sendiri menyematkan tanda kehormatan kepada Iriana dalam acara di Istana Kepresidenan Jakarta.

Iriana Joko Widodo/Antara

Jokowi mengatakan bukan dirinya yang menentukan tanda kehormatan untuk Iriana. Menurutnya, penerima tanda ditetapkan oleh Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

"Ya itu semuanya [penerima tanda kehormatan] diajukan dan atas pertimbangan dari Dewan Gelar, [Tanda Jasa], dan Tanda Kehormatan," kata Jokowi saat itu, 14 Agustus 2023.

  • Bobby dan Gibran

Gibran dan Bobby akan menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dalam rangka Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVI di Surabaya.

Penghargaan tersebut diterima keduanya sebagai wali kota Solo dan wali kota Medan. Berdasarkan hasil EPPD Tahun 2022 terhadap LPPD Tahun 2021, Gibran dan Bobby dianggap berprestasi kinerja tertinggi.

Prabowo Subianto bersama Gibran. Rakabuming Raka/DOK Instagram @prabowo

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebutkan, ada perbedaan dalam penghargaan kepala daerah berprestasi pada tahun ini. Tahun lalu, kepala daerah berprestasi tidak menerima lencana tanda kehormatan.

"Kalau yang [EPPD] tahun 2023, itu diberikan piagam. Tapi yang (EPPD) di tahun 2021 sudah mendapatkan piagam, akan diberikan lencana [Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha] tadi," ujar Eri sebagai tuan rumah Hari Otoda, Surabaya, Selasa (23/4).

Eri juga menjelaskan bahwa Jokowi akan hadir dalam acara tersebut.

  • Anwar Usman

Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, yang saat ini berstatus sebagai saudara ipar Jokowi pernah mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana.

Penghargaan tersebut diberikan pada tanggal 11 November 2020. Namun, pada saat itu, Anwar masih menjadi Ketua MK. Dia juga belum menjadi suami dari Idayati, adik Jokowi. Anwar melangsungkan pernikahan dengan Idayati pada 26 Mei 2022.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ke-6, Anwar Usman. (Antara)

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menganugrahkan penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana kepada Hakim Konstitusi Arief Hidayat dan Aswanto.

Selain itu, ada tiga hakim MK lainnya yang menerima Bintang Mahaputera Utama. Mereka adalah Wahiduddin Adams, Suhartoyo, dan Manahan MP Sitompul.

Demikianlah daftar keluarga Jokowi yang dapat tanda kehormatan. Semua penghargaan yang ditetapkan oleh Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi