Gerindra Usung Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta, Sudah Ketemu Prabowo

| 04 Jun 2024 16:00
Gerindra Usung Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta, Sudah Ketemu Prabowo
Ridwan Kamil saat ditemui awak media di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali, Jumat (31/5/2025). (Antara/Narda Margaretha Sinambela/am.)

ERA.id - Partai Gerindra menyiapkan Ridwan Kamil untuk maju dalam Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Hal tersebut disampaikan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Dasco menyebut partainya sudah memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta. Dia menilai partai-partai lain pun akan senada mendukung mantan Gubernur Jawa Barat itu.

"Bahwa soal posisinya Kang Emil, itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/6/2024), dikutip dari Antara.

Pilihan tersebut jatuh setelah kader Gerindra yang disiapkan sebelumnya, Budisatrio Djiwandono memilih tetap fokus menjadi legislator di DPR RI. 

Selain itu, Dasco mengaku unggahan foto pasangan Budisatrio Djiwandono dan Kaesang Pangarep untuk maju di Pilkada Jakarta melalui akun Instagram pribadinya merupakan bagian dari politik "test water".

Dasco menambahkan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah bertemu dengan Ridwan Kamil beberapa waktu lalu. Menurutnya ada beberapa hal yang dibahas, salah satunya terkait dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Terutama dari sisi planologi, sehingga dari diskusi-diskusi tersebut kemudian banyak hal yang Prabowo serap untuk pembangunan IKN ke depan," ucap Dasco.

Rekomendasi