Aturan Pindah Meteran Listrik Ketentuan PLN, Jangan Asal Geser!

| 03 Jul 2024 21:29
Aturan Pindah Meteran Listrik Ketentuan PLN, Jangan Asal Geser!
Ilustrasi aturan pindah meteran listrik (Freepik)

ERA.id - Meteran listrik atau kWh biasanya terpasang di tembok atau dinding rumah bagian depan. Posisi pemasangan ini bertujuan untuk memudahkan petugas PLN saat harus mengecek atau mencatat meteran listrik di rumah konsumen.  

Namun terkadang ada kondisi dimana konsumen ingin memindahkan posisi pemasangan meteran listrik. Misalnya ketika merenovasi rumah yang harus menggeser letak meteran listrik. Lantas seperti apa aturan pindah meteran listrik?

Ternyata pemindahan meteran listrik di rumah tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Lantas bagaimana prosedur memindahkan meteran listrik berdasarkan aturan dari PLN?

Aturan Memindahkan Meteran Listrik

Meski pemilik rumah diperbolehkan menggeser posisi meteran listrik, namun tidak boleh memindahkannya secara asal-asalan. Pihak PLN menyampaikan bahwa pemilik rumah harus melaporkan kepada PLN terkait keinginannya memindahkan meteran listrik dari posisi semula. 

Dilansir dari laman resmi PLN, dijelaskan bahwa konsumen dilarang memindahkan meteran listrik sendiri tanpa memberikan laporan resmi. Larangan ini berhubungan dengan keamanan instalasi tenaga listrik. Pelanggan juga tidak boleh memindahkan meteran listrik menggunakan jasa instalatir, sebab perangkat tersebut adalah aset punya PLN. 

“Pelaporan ini harus dilakukan secara resmi ke PLN, jangan digeser atau dipindahkan sendiri atau melalui jasa instalatir karena meteran listrik adalah aset milik PLN,” kata Gregorius Adi Trianto, Executive Vice Presiden Komunikasi Korporat & TJSL PLN, dikutip dari laman pln.co.id.

Laporan rencana pemindahan meteran listrik bisa disampaikan ke kantor PLN terdekat maupun secara online. Bagi yang tidak sempat meluangkan waktu untuk datang langsung, Anda bisa mengirim laporan melalui aplikasi PLN mobile.

Ilustrasi aturan pindah meteran listrik (Freepik)

Prosedur Memindahkan Meteran Listrik

Pelanggan yang berencana memindahkan meteran listrik di rumahnya maka harus memberitahu petugas PLN terlebih dahulu. Anda dapat melaporkan keinginan tersebut secara online melalui aplikasi PLN Mobile atau datang langsung ke kantor pelayanan terdekat. 

Setelah laporan resmi dibuat, PLN akan mengirim petugasnya untuk mendatangi rumah pelanggan. Petugas PLN akan melakukan survei dan mengecek meteran listrik yang terpasang di rumah pelanggan. Selanjutnya, petugas akan membantu permohonan pelanggan yang ingin menggeser meteran listrik. 

Biaya Memindahkan Meteran Listrik

Pemindahan meteran listrik memerlukan biaya untuk instalasi. Besaran biaya yang dikenakan kepada konsumen ini bisa bervariasi tergantung dari jumlah penggantian jenis material yang dibutuhkan untuk meteran listriknya. 

Total biaya pemindahan meteran listrik dihitung berdasarkan hasil survei yang sudah dilakukan oleh petugas PLN. Konsumen tidak diperkenankan membayar seluruh biaya pemindahan meteran listrik ini secara langsung ke petugas yang mengerjakannya. 

Pembayaran biaya layanan ini harus dilakukan menggunakan nomor registrasi resmi lewat PLN Mobile. Selain itu, konsumen juga bisa melakukan transaksi melalui Payment Point Online Bank (PPOB) atau marketplace yang menyediakan fitur pembayaran ini. . 

"Semua semakin mudah dengan aplikasi PLN Mobile, konsumen cukup melaporkan lewat Pengaduan dan memilih permasalahan kWh Meter layanan Pasca Bayar maupun Pra Bayar serta cukup memasukan deskripsi terkait permintaan pemindahan kWh Meter di rumah," ucap Gregorius Adi Trianto.

Tips Hemat Listrik

Dengan melakukan mengikuti langkah-langkah di atas, pemindahan meteran listrik bisa berlangsung secara aman dan lancar. Setelah meteran listrik berpindah posisi, sebaiknya Anda tetap harus menghemat penggunaan tenaga listrik supaya tidak menguras keuangan. 

Berikut ini beberapa tips untuk menghemat pemakaian listrik di rumah yang bisa Anda terapkan:

  • Nyalakan lampu seperlunya dan matikan jika tidak dipakai
  • Cabut colokan di terminal listrik jika sedang tidak dipakai
  • Mengganti lampu pijar dengan lampu neon atau LED
  • Gunakan alat elektronik yang berdaya kecil atau hemat listrik
  • Mengatur pemakaian alat elektronik sesuai kebutuhan

Demikianlah aturan pindah meteran listrik di rumah sesuai ketentuan dari PLN. Pastikan memberi laporan resmi ke PLN ketika Anda berencana menggeser meteran listrik dari posisi awalnya. Baca juga tips listrik rumah aman saat mudik.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi