Presiden Jokowi Pulang Kampung Saat Larangan Mudik Diterapkan, Cek Faktanya

Tim Editor

Ilustrasi Presiden Jokowi (Foto: Antara)

ERA.id - Beredar sebuah isu di media sosial yang menyebut bahwa Presiden Jokowi pulang kampung ke Solo di saat pelarangan mudik diterapkan. 

Isu Jokowi pulang kampung itu salah satunya diunggah oleh akun Bekam Totok Kiropraksi Paz dalam grup Facebook Jokowi Presiden Gagal. 

Dalam video tersebut menunjukkan iring-iringan mobil berplat nomor B yang diklaim merupakan mobil milik rombongan RI 1 (Presiden Jokowi) yang sedang dalam perjalanan pulang kampung.

"RI1 pulang kampung. Rakyat sendiri dikurung ga boleh mudik. Tanggal 10 harus jebol," tulis narasi pada postingan tersebut.

Setelah melakukan penelurusan, dilansir laman turnbackhoax.id, hal tersebut tidak benar. Melansir dari Antara, video tersebut memanglah iring-iringan rombongan Presiden Jokowi. Namun, bukan dalam perjalanan pulang kampung. 

Video tersebut merupakan kunjungan Presiden Jokowi ke Jawa Timur. Kunjungan tersebut dilaksanakan selama satu hari yaitu pada hari Kamis 6 Mei 2021 dan langsung bertolak ke Jakarta pada sore harinya. 

Melansir dari laman Medcom, putra sulung Presiden Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka memastikan bahwa Presiden Jokowi tidak mudik lebaran pada tahun ini.

Dengan demikian, video yang diunggah pada grup Facebook Jokowi Presiden Gagal oleh akun Bekam Totok Kiropraksi Paz tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Tag: berita hoaks mudik presiden jokowi cek fakta Mudik Lebaran 2021 Pemerintah Larang Mudik pulang kampung

Bagikan: