Hujan Petir Diprediksi Guyur Jakarta Hari Ini

| 27 Sep 2020 10:00
Hujan Petir Diprediksi Guyur Jakarta Hari Ini
Ilustrasi Jakarta (Era.id)

ERA.id - Hujan dengan intensitas ringan hingga disertai petir, diperkirakan akan mengguyur hampir seluruh Jakarta pada Minggu siang hingga malam.

Berdasarkan data yang diterbitkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang dikutip di Jakarta, Minggu (27/9/2020) dini hari, disebut hujan tersebut terjadi setelah cuaca berawan secara merata di seluruh wilayah Jakarta sejak pagi hingga akan masuk siang hari.

Pada siang hari di Jakarta, dua wilayah yakni Jakarta Selatan dan Timur akan diguyur hujan berpetir, kemudian di Jakarta Barat akan turun hujan sedang, sementara di Jakarta Pusat dan Utara hujan dengan intensitas ringan akan mengguyur daerah-daerah tersebut. Adapun Kepulauan Seribu akan bercuaca berawan pada siang hingga sore hari.

Memasuki malam hari, hujan hanya akan turun di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan dengan intensitas ringan, sementara di wilayah lainnya cuaca akan berawan. Selepas itu, pada Senin (28/9) dini hari, cuaca akan cerah berawan merata di seluruh wilayah Jakarta.

Secara keseluruhan, pada Minggu ini, rentang suhu udara Jakarta berkisar 24-32 derajat Celsius, dengan wilayah yang mendapat suhu terendah adalah di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sementara, wilayah yang diprediksi akan mengalami suhu udara tertinggi adalah Jakarta Barat.

Adapun kelembapan udara akan berkisar sekitar 75 hingga 95 persen dengan kelembapan terendah terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sementara kelembapan tertinggi akan terjadi di wilayah yang sama.

Sementara di wilayah penyangga Jakarta yakni Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi akan mengalami cuaca yang beragam.

Untuk wilayah Tangerang, cuaca diprediksi akan berawan pada Minggu pagi dan siang hari, kemudian cuaca akan berlanjut menjadi berawan di malam hari dan Senin (28/9) dini hari. Rentang suhu udara di Tangerang akan berkisar antara 24-34 derajat Celcius dan kelembapan udara berkisar antara 55-90 persen.

Di wilayah Bekasi, cerah berawan akan berlangsung pada pagi hari yang disambung dengan hujan ringan pada siang hari. Kemudian pada malam hari dan Senin (28/9) dini hari, cuaca akan berawan.

Rentang suhu udara di Bekasi akan berkisar antara 23-32 derajat Celcius dan kelembapan udara berkisar antara 50-90 persen.

Adapun di Depok, setelah cuaca akan cerah berawan pada Minggu pagi yang dilanjutkan dengan hujan ringan pada siang dan malam hari, di mana akan beralih menjadi berawan pada Senin (28/9) dini hari. Rentang suhu udara di Depok akan berkisar antara 23-32 derajat Celcius dan kelembapan udara berkisar antara 50-90 persen.

Sementara di Kota Bogor, setelah cuaca berawan di Minggu pagi, hujan sedang disertai angin kencang dan petir akan turun pada siang hari dan berlanjut dengan hujan ringan pada malam hari kemudian disusul dengan berawan pada Senin (28/9) dini hari. Rentang suhu udara di Bogor akan berkisar antara 21-31 derajat Celcius dan kelembapan udara berkisar antara 50-95 persen.

Rekomendasi