8 Ilmu Penunjang Geografi untuk Mendukung Analisis Data

| 15 Jan 2023 18:10
8 Ilmu Penunjang Geografi untuk Mendukung Analisis Data
Ilmu penunjang geografi (Unsplash)

ERA.id - Geografi adalah studi spasial tentang lingkungan fisik dan budaya bumi. Namun perlu Anda ketahui, terdapat beberapa ilmu penunjang geografi yang membuatnya tidak dapat berdiri sendiri, apa saja?

Para ahli geografi mempelajari karakteristik fisik bumi, penduduk dan budaya, fenomena seperti iklim, dan tempat bumi di alam semesta. Selain itu, geografi juga mengkaji hubungan spasial antara semua fenomena fisik dan budaya di dunia.

Dilansir dari laman Salt Lake Community College, geografi adalah bidang yang jauh lebih luas daripada yang disadari banyak orang. Kebanyakan orang menganggap studi wilayah sebagai keseluruhan dari geografi.

Pada kenyataannya, geografi adalah studi tentang bumi, termasuk bagaimana aktivitas manusia telah mengubahnya. Geografi melibatkan studi yang jauh lebih luas daripada sekadar memahami bentuk bentang alam bumi.

Geografi fisik melibatkan semua sistem fisik planet ini. Geografi manusia menggabungkan studi tentang budaya manusia, hubungan spasial, interaksi antara manusia dan lingkungan, dan banyak bidang penelitian lainnya yang melibatkan subspesialisasi geografi yang berbeda.

Apa yang dimaksud dengan ilmu penunjang atau ilmu bantu geografi?

Ilmu penunjang atau ilmu bantu geografi adalah ilmu yang digunakan untuk mendukung dan memperkuat analisis dan pemahaman geografi. Ilmu ini digunakan oleh para geografer untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data geografi.

Beberapa ilmu penunjang geografi yang sering digunakan meliputi fotografi udara dan satelit, kartografi, klimatologi, geomatika, geodesi, hidrologi, meteorologi, pedologi dan ilmu-ilmu lain yang membantu geografi dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada di dunia.

Beberapa ilmu penunjang geografi digunakan untuk memahami dan menganalisis masalah-masalah yang dihadapi oleh dunia saat ini, seperti perubahan iklim, permasalahan perkotaan, dan permasalahan sosial-ekonomi. Ilmu penunjang geografi digunakan untuk memberikan solusi yang lebih baik dari masalah-masalah tersebut.

Beberapa Ilmu Penunjang Geografi

Beberapa Ilmu Penunjang Geografi (Unsplash)

Ilmu penunjang geografi adalah ilmu yang digunakan untuk mendukung dan memperkuat analisis dan pemahaman geografi. Beberapa ilmu penunjang geografi yang sering digunakan meliputi:

  1. Fotografi udara dan satelit: digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang permukaan bumi dari sudut pandang udara atau satelit.
  2. Kartografi: digunakan untuk membuat peta dan menganalisis data geografi.
  3. Klimatologi: digunakan untuk menganalisis dan memahami iklim suatu daerah, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti curah hujan, suhu, dan angin. Di indonesia badan yang menangani hal ini adalah BMKG.
  4. Geomatika: digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyajikan data geografi dengan menggunakan teknologi informasi geografi (GIS).
  5. Geodesi: digunakan untuk mengukur dan menentukan posisi suatu titik di permukaan bumi, serta untuk membuat peta dan model permukaan bumi yang akurat.
  6. Hidrologi : ilmu yang mempelajari tentang air, meliputi aliran air di permukaan, air tanah, air sungai, dan air laut.
  7. Meteorologi : ilmu yang mempelajari tentang atmosfer, meliputi cuaca, angin, hujan, dan hal lain yang berhubungan dengan atmosfer.
  8. Pedologi: ilmu yang mempelajari tentang tanah, meliputi komposisi, struktur, dan sifat fisik tanah serta proses pembentukannya.

Semua ilmu penunjang geografi tersebut digunakan untuk memperkuat analisis dan pemahaman geografi, dan membantu geografi untuk memberikan solusi dari masalah-masalah yang ada di dunia.

Selain ilmu penunjang geografi, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi