Fakta Kepiting Tapal Kuda, Darah Birunya Digunakan untuk Pembuatan Vaksin

| 05 Mar 2024 14:14
Fakta Kepiting Tapal Kuda, Darah Birunya Digunakan untuk Pembuatan Vaksin
Kepiting tapal kuda berdarah biru (Twitter/convomfs)

ERA.id - Kepiting tapal kuda mendadak viral di media sosial usai diunggah salah satu pengguna X atau Twitter, karena memiliki darah berwarna biru.

Selain unik, darah hewan purba ini juga memiliki harga fantastis yang cukup mengejutkan banyak orang. 

“Dia namanya kepiting tapal kuda. Dia hewan purba dan sudah ada sejak lebih dari 400 juta tahun lalu. Warna darah dia biru (yang di gambar),” tulis akun @convomfs. 

Pada unggahan tersebut, seorang netizen berkomentar bahwa darah biru kepiting tersebut dibandrol dengan harga sekitar Rp734 juta per 3,7 liter. Dilansir dari Business Insider, darah biru kepiting tapal kuda memang sangat mahal, yakni sekitar Rp944 juta per galonnya. 

Harga darah biru kepiting tapal kuda sangat mahal karena ternyata kaya akan manfaat. Dilansir dari Natural History Museum, kepiting tapal kuda berdarah biru karena mengandung pigmen pernapasan berbasis tembaga atau hemosianin. 

Darah biru tersebut memiliki jasa besar bagi kehidupan manusia karena menjadi bahan pembuatan vaksin dan obat-obatan. Darah biru kepiting tapal kuda mengandung sel kekebalan dan sangat sensitif akan bakteri yang beracun, yang tentunya sangat berguna bagi manusia. 

Disebutkan pula, para ilmuwan saat ini menggunakan sel darah kepiting tapal kuda untuk mengembangkan tes Limulus Amebosit Lisat (LAL), untuk memeriksa kontaminasi pada vaksin baru. Lebih dari 100 vaksin baru sedang diuji dan para peneliti memanfaatkan darah biru kepiting tapal kuda untuk tes tersebut. 

Tak hanya untuk pengujian vaksin, darah biru kepiting tapal kuda juga digunakan peneliti medis untuk menguji kotoran berbahaya dalam obat-obatan, yang nantinya akan digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit. 

Rekomendasi