Fosil Reptil Herbivora Berusia 170 Juta Tahun Ditemukan di China

| 14 Apr 2024 18:30
Fosil Reptil Herbivora Berusia 170 Juta Tahun Ditemukan di China
Foto tak bertanggal yang disediakan oleh biro geologi dan sumber daya mineral kota Chongqing ini menunjukkan fosil spesies reptil herbivora berumur sekitar 170 juta tahun yang ditemukan di kawasan Waduk Tiga Ngarai di Kabupaten Yunyang (Antara)

ERA.id - Fosil spesies reptil herbivora yang berusia sekitar 170 juta tahun belum lama ini ditemukan di kawasan Bendungan Tiga Ngarai di wilayah Yunyang, Chongqing, China barat daya.

Penemuan fosil reptil unik tersebut dikabarkan Biro Geologi dan Sumber Daya Mineral Yunyang.

Diketahui, fosil itu memiliki kepala seukuran apel dan tiga baris gigi besar di mulutnya.

Menurut ilmuwan, reptil ini diyakini hidup pada awal periode Jura Tengah, kata Wang Ping.

Spesies reptil pemakan tumbuh-tumbuhan itu diperkirakan hidup pada periode yang sama dengan Dinosaurus Yunyang, sejenis dinosaurus yang fosilnya kali pertama ditemukan pada 2015.

Berdasarkan spesimen fosil reptil, seperti tengkorak, rahang bawah, dan gigi, hewan tersebut dikenali sebagai anggota genus Tritylodon, makhluk kecil dengan morfologi mirip berang-berang, landak, dan tikus lapangan.

Para ahli mengatakan bahwa Tritylodon merupakan bagian penting dari fauna Dinosaurus Yunyang, dan penemuan ini menambah keragaman spesies vertebrata terkait dalam kelompok tersebut. (Ant)

Rekomendasi