Ngeri, Tinggi Sirip Hiu Megalodon Ternyata Setinggi Orang Dewasa

| 04 Sep 2020 11:42
Ngeri, Tinggi Sirip Hiu Megalodon Ternyata Setinggi Orang Dewasa
Salah satu adegan yang memperlihatkan hiu raksasa di film 'The Meg' yang dibintangi aktor Jason Statham. (Alamy Stock Photo)

ERA.id - Hiu raksasa Otodus megalodon, yang hidup 3 juta hingga 23 juta tahun lalu, bukan tandingan manusia. Jangankan membungkam mulutnya, sirip punggungnya saja bisa setinggi orang dewasa.

Penonton film The Meg, yang dibintangi aktor Jason Statham dan berkisah tentang pergulatannya dengan seekor hiu berukuran raksasa, mungkin sudah punya bayangan betapa ukuran sang hiu jaman purba ini membuat manusia kaum rebahan bergidik ngeri.

Dulunya, seperti dilansir The Guardian, baru panjang hiu Otodus megalodon saja yang berhasil diukur. Namun, baru-baru ini tim peneliti Universitas Bristol dan Universitas Swansea di Inggris berhasil merekonstruksi geometri tubuh hiu raksasa ini.

Ditemukan bahwa hiu megalodon umumnya memiliki panjang 16 meter, atau setara panjang truk tronton. Kepalanya saja berukuran 4,65 meter, dengan ekor 3,85 meter dan sirip punggung setinggi 1,62 meter.

Artinya, seorang manusia dewasa bisa berdiri di atas punggung hiu megalodon dan tingginya sama dengan panjang sirip hiu tersebut.

Diwawancari oleh The Guardian, Jack Cooper, seorang mahasiswa S2 bidang palaeobiology di Universitas Bristol, mengaku senang bisa terlibat dalam "proyek impian" tentang hiu itu. Ia tak menyangkal bila hiu megalodon sangat menakutkan, namun, menurutnya hewan ini sangat indah dan pintar beradaptasi.

"Ini adalah proyek impian saya. Namun, mempelajari hewan ini secara keseluruhan adalah sangat sulit karena yang kami miliki hanyalah sejumlah fosil gigi hiu."

Sebelumnya, hiu megalodon diperkirakan hanya sebesar hiu putih raksasa. Kalkulasi ini belakangan diubah dan peneliti memperkirakan bahwa panjang hiu megalodon setara dengan lima ekor hiu jaman sekarang.

Tags : sains hiu
Rekomendasi