Terungkap Rahasia Lubang Kecil Penutup Bolpoin, Punya Fungsi Sangat Vital

Tim Editor

Ilustrasi-Bolpoin. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Untuk Anda yang biasa menulis menggunakan bolpoin atau pulpen, pernahkah memperhatikan penutupnya? Pada beberapa merek bolpoin terdapat sebuah lubang kecil di penutupnya.

Bukan tanpa alasan lho, lubang kecil di penutup bolpoin ternyata punya fungsi yang berkaitan dengan keselamatan penggunanya. Kok bisa? 

Lubang itu memang sengaja dibuat untuk mengantisipasi kasus tak sengaja tertelan atau menelan penutup. Jika itu terjadi maka saluran pernafasan akan tertutup, demikian dilansir Proyectonoticias.

Meski lubang dipenutup bolpoin berdiameter sangat kecil, tetapi lubang itu dipersiapkan untuk menyelamatkan nyawa orang. Ketika benda itu tertelan maka trakea akan tertutup dan hanya lubang kecil itu yang memberikan waktu untuk bernafas.

Setidaknya memberikan waktu hingga korban mendapatkan bantuan medis atau memberi waktu saat dibawa ke rumah sakit.

Dilansir tribunnews.com, kasus itu pernah terjadi di Danguran, Klaten Selatan, oleh seorang bocah bernama Lafarel Alusaka Billi pada Selasa (2/6/2015). Ia tak sengaja menelan pensil 2B sepanjang 7 centimeter.

Pensil itu berhasil dikeluarkan setelah hampir dua pekan dirawat di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Pengeluaran benda tersebut menggunakan teknologi endoskopi.

Ibunda Farel, Titis Sabili, menjelaskan proses pengeluaran dilakukan pada Senin (15/6/2015) pagi. Pengeluaran pensil dengan memasukkan alat ke dalam tubuh bocah itu melalui mulut berjalan lancar.

Teknologi itu memungkinkan untuk mengeluarkan pensil dari tubuh Farel tanpa melalui pembedahan.

Tag: yang unik bolpoin

Bagikan: