Langkah Menanam Tanaman Hidroponik Rumahan Secara Efektif

| 29 Jun 2024 08:05
Langkah Menanam Tanaman Hidroponik Rumahan Secara Efektif
Ilustrasi tanaman hidroponik. (Photo by Anna Tarazevich from Pexels)

ERA.id - Bagi Anda yang mempunyai rumah dengan lahan terbatas, menanam sayuran dengan teknik hidroponik dapat menjadi sebuah solusi. Ada beragam jenis tanaman yang dapat Anda tanam dengan sistem hidroponik, salah satunya adalah sayuran. Simak langkah menanam tanaman hidroponik rumahan di bawah ini.

Melansir laman Cybex Kementerian Pertanian, berbeda dengan sayuran lainnya yang memerlukan tanah untuk tumbuh, sayuran hidroponik justru memerlukan cairan yang memiliki kandungan mineral untuk dapat tumbuh.

Selain air dan mineral, tanaman hidroponik juga memerlukan sistem filtrasi untuk air dan juga udara.

Ilustrasi tanaman hidroponik. (Freepik)

Langkah Menanam Tanaman Hidroponik Rumahan

Nah, di bawah ini merupakan beberapa langkah menanam sayuran hidroponik di rumah yang bisa Anda lakukan.

Sediakan alat dan bahan yang dibutuhkan

Hal pertama yang harus Anda siapkan yaitu paralon berdiameter 7,6 sentimeter, penutup paralon, gergaji pemotong, penyambung paralon, lem paralon, dan gelas plastik yang sudah dilubangi kecil-kecil pada bagian bawahnya.  Selanjutnya, sediakan media tanam hidroponik berupa air, tanaman sayuran, kerikil atau pelet tanah.

Lubangi pipa paralon

Setelah semua bahan tersedia, lubangi pipa paralon yang disesuaikan dengan diameter gelas plastik dan beri jarak sekitar 10 hingga 15 cm antarlubang agar tanaman dapat tumbuh bebas tanpa berdesakan antara tanaman satu dengan yang lain.

Tutup kedua ujung paralon 

Setelah pipa paralon Anda lubangi, tutup kedua ujung paralon dengan penutup. Jika Anda tidak mempunyai penutup pipa, Anda dapat menggunakan plastik untuk menutup kedua ujungnya. Anda harus tutup ujung pipa ini dengan rapat agar air tidak bocor.

Isi air ke dalam paralon

Sebaiknya jangan mengisi gelas plastik hingga penuh sebab air dapat meluap. Anda juga dapat menambahkan nutrisi khusus tanaman hidroponik dalam air.

Tanam sayuran ke dalam gelas plastik

Tanam sayuran ke dalam gelas plastik dengan media tanam kerikit atau pelet tanah liat.  Selanjutnya, tanam tanaman ke dalam gelas plastik. Untuk membuat tanaman hidroponik, Anda harus memilih tanaman muda yang sudah berakar dan berdaun dua.  

Masukkan gelas plastik ke lubang paralon

Masukkan gelas plastik yang sudah siap ditanam ke dalam lubang paralon yang sudah terbentuk. Pastikan ujung gelas plastik memiliki lebar yang cukup agar tidak tenggelam ke dalam lubang paralon. 

Amati volume air

Langkah berikutnya, secara bertahap, amati volume air dan akar tanaman sayuran. Tambahkan volume air jika terlihat berkurang.

Nah, jika akar tanaman terlihat semakin lebat, segeralah gunting akar sebab dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman sayuran.

Jika tanaman tidak memiliki nutrisi yang cukup, daun akan berwarna kekuningan, adapun jika tanaman Anda kelebihan nutrisi, daun menjadi gosong. Tanaman hidroponik menjadi kurus karena tidak menerima asupan sinar matahari yang cukup. Oleh sebab itu, tiga komponen penting yang diperlukan antara lain nutrisi, sinar matahari, juga oksigen.

Nah, itulah beberapa langkah menanam tanaman hidroponik rumahan yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi