Pengertian, Perbedaan, dan Pembagian Waktu AM dan PM

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Kamu pastinya sudah tidak asing dengan istilah AM dan PM yang berada di akhir setiap penulisan jam, bukan? AM dan PM merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan format waktu 12 jam. 

Penggunaan penjelasan waktu dengan format 12 jam ini masih biasa digunakan oleh Amerika Serikat dan negara - negara di Eropa. Meskipun sangat jarang digunakan di Indonesia, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara penggunaannya, yang mungkin di masa mendatang akan kamu butuhkan.

Meski telah banyak dikenal orang, tak sedikit juga yang masih kebingungan perbedaan cara penggunaannya, khususnya untuk AM. Pertanyaan yang sering muncul mengenai perhitungan waktu ini adalah, AM itu pagi atau siang? 

Seperti dikutip dari timeanddate, Senin (8/2/2021), AM merupakan singkatan dari Ante Meridiem, bahasa Latin yang berarti sebelum tengah hari atau siang hari. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa AM digunakan untuk menjelaskan waktu pada pagi hari. Pagi hari disebutkan sebagai waktu sebelum jam 12 siang, sehingga penggunaan AM dimulai pada pukul 00.00 hingga pukul 11.59.

Jadi, jika ada pertanyaan AM itu pagi atau siang? Jawabannya jelasnya AM adalah penggunaan waktu untuk pagi hari, mulai dari jam 00.00 sampai jam 11.59. Hal ini didapat berdasarkan pengertian dari kepanjangan dari singkatan AM sendiri yang memiliki arti sebelum siang atau sebelum tengah hari.

Jadi, gimana? Masih bingung atau sudah mengerti nih?

 

Tag: pengertian am pm

Bagikan: