Hari Pancasila, Rektor UKI Ingatkan Gotong Royong Hadapi Masalah Bangsa

| 03 Jun 2021 18:01
Hari Pancasila, Rektor UKI Ingatkan Gotong Royong Hadapi Masalah Bangsa
Dok. UKI

ERA.id - Dalam rangka memperingati Hari lahir Pancasila, Rektor Universitas Kristen Indonesia, Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH., MH., MBA, mengingatkan warga untuk bergotong royong dalam menghadapi masalah bangsa.

“Sebagai karakter dan kepribadian bangsa Indonesia, kita sudah buktikan bahwa dengan bergotong-royong, tidak ada yang tidak dapat kita selesaikan. Upaya kita keluar dari kesulitan akibat pandemi Covid 19 pun dapat berhasil. Dengan semangat nilai UKI, yaitu, “Berbagi dan Perduli”, Pancasila sebagai dasar negara mengajarkan kita untuk peduli terhadap sesama, apapun latar belakang kita, dalam keberagaman kita, kita mampu berbagi dan melayani sesama,” ujar Dr. Dhaniswara K. Harjono, Kamis (3/6/2021).

Civitas Akademik Universitas Kristen Indonesia memberikan makanan gratis kepada masyarakat di area kampus UKI Cawang, Jakarta.

Kegiatan ini digelar selama tiga bulan dengan memberikan 500 bungkus nasi, masker dan vitamin dalam meringankan beban masyarakat di tengah situasi Pandemi Covid-19.

Aksi sosial ini dimulai pukul 06.00 hingga 08.00. Selama tiga bulan, bantuan yang diberikan berupa 500 paket makan pagi, 500 masker dan 500 vitamin B dan C.

“Dengan imbauan jaga jarak dan datang bergantian, aksi sosial ini akan dilaksanakan setiap hari. Sasaran bantuan ini yaitu masyarakat yang secara ekonomi terdampak akibat covid-19. Misalnya, ojek online, pedagang kaki lima (PKL), warga sekitar, serta warga UKI seperti mahasiswa, satpam, hingga pramu kantor, juga menerima paket bantuan,” tutur Dr. Dhaniswara.

Tim Gugus Tugas UKI Peduli Dampak Covid 19 juga membentuk Dapur Umum Koinonia untuk menyediakan makanan sehat berupa 150 nasi bungkus untuk dibagikan secara gratis kepada mahasiswa UKI, terutama mahasiswa yang terkena dampak Covid-19 dan mahasiswa yang tinggal di kost sekitar UKI. Dapur umum bertempat di kantin UKI Cawang.

Selain itu Tim Gugus Tugas UKI Peduli Dampak Covid 19 memberikan bantuan antara lain

sembako untuk mahasiswa UKI, sembako untuk petugas kebersihan dan petugas keamanan di UKI, masker untuk mahasiswa, masyarakat sekitar Kelurahan Cawang, dan  pulsa untuk mahasiswa UKI yang memerlukannya.

Para dosen dan staf UKI menggalang dana untuk membantu pengadaan Alat Pelindung Diri RS UKI dan untuk pembuatan hand sanitizer. LPPM UKI bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran dan Prodi Pendidikan Kimia FKIP UKI membuat Hand Sanitizer dan kemudian dibagikan kepada warga di wilayah Kelurahan Cawang, Jakarta Timur.

Ketua Gugus Tugas UKI Peduli Dampak Covid 19, Dr. Hulman Panjaitan, menjelaskan Gugus Tugas  membantu menyusun aturan dan persiapan kampus sehubungan dengan kondisi Kenormalan Baru di UKI. "Kegiatan perkuliahan dilakukan dengan metode online learning dan mahasiswa dihimbau untuk tetap melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih,“ ucapnya.

Rekomendasi