Terungkap! Misteri Kenapa Tidak Ada Lalat pada Malam Hari

| 13 Jun 2021 15:12
Terungkap! Misteri Kenapa Tidak Ada Lalat pada Malam Hari
Lalat (pixabay)

ERA.id - Lalat bisa jadi salah satu jenis serangga terbang yang seringkali mengganggu kehidupan manusia, terutama ketika mereka muncul di tempat dimana banyak ditemukan makanan seperti area dapur dan ruang makan

Lalat kerap muncul dalam pada siang hari. Namun, saat malam tiba, mereka hampir sulit dijumpai, bahkan di lokasi paling kotor semisal tempat sampah sekalipun. Lalu kemana perginya lalat-lalat itu pada malam hari?

Salah satu Kurator Divisi Zoologi Invertebrata di Museum Sejarah Alam Amerika New York, A Grimaldi menuturkan, sebagian besar spesies lalat memang hanya beraktivitas di siang hari.

“Lalat membutuhkan cahaya yang terpolarisasi untuk membimbing mereka secara visual,” ujarnya, seperti dilansir dikutip The New York Times.

Kala hari berubah menjadi senja, kata dia, lalat-lalat berlindung di bawah dedaunan, batang, cabang-cabang, dan ranting-ranting pohon.  Selain itu, mereka ada juga yang bernaung pada batang rumput yang tinggi atau tanaman lainnya. Lalat biasanya tidak akan bermalam di tanah.

Ia menambahkan, beberapa jenis serangga seperti nyamuk dan lalat gurun pasir (tse-tse), biasanya lebih memilih waktu fajar dan senja sebagai ‘jam-jam kerja’ mereka.

Rekomendasi