Hari Pangan Sedunia: Sejarah dan Tujuan Mulianya

Tim Editor

Ilustrasi sawah

ERA.id - Hari ini, Jumat 16 Oktober 2020, adalah Hari Pangan Sedunia. Kali ini, dunia menyoroti betapa hebatnya pangan dan pertanian di tengah Covid-19. Keduanya benar-benar menjadi sangat penting.

Soal sejarah, Hari Pangan Sedunia, awalnya dibuat untuk menghormati  Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) yang berada di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). FAO didirikan pada Konferensi Umum ke-20 PBB pada 16 Okotober 1945 di Quebec, Kanada.

Mengutip dari News 18, saat itu ide penetapan Hari Pangan Dunia ini dicetuskan Dr. Pal Romany, seorang delegasi Hongaria yang juga mantan Menteri Pertanian dan Pangan Hongaria.

Hari Pangan Dunia untuk menyadarkan kita semua akan masalah di balik kemiskinan dan kelaparan. Hari Pangan Dunia berfokus pada materi pangan yang merupakan hak asasi manusia yang mendasar dan fundamental.

Dilansir laman resmi FAO, intinya, Hari Pangan Sedunia bisa menyadarkan kita semua bahwa setiap orang memiliki peran untuk mengubah sistem pangan. Yakni dengan mengubah cara memproduksi, mengolah, mengonsumsi dan membuang makanan.

Adapun, tema Hari Pangan Dunia 2020 adalah “Grow, Nourish, Sustan, Together”. Peringatan Hari Pangan adalah pengingat untuk menghargai sesuatu yang kerap dipandang remeh, yakni makanan. Padahal, makanan merupakan inti kehidupan dan landasan budaya.

Mempertahankan akses makanan yang aman dan bergizi menjadi bagian penting dari respons kita pada pandemi Covid-19, utamanya bagi masyarakat miskin yang rentan yang paling terpukul pandemi dan guncangan ekonomi yang ditimbulkannya.

Tag: pangan

Bagikan: