Bukan Palestina, Mesir Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Foto: 50 tahun indonesia merdeka

ERA.id - Inilah negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia, bahkan sebelum Proklamasi diucapkan. Bukan Palestina, melainkan Mesir.

Mesir merupakan negara pertama di dunia yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Pemerintah Mesir secara resmi mengakui kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 22 Maret 1946 silam.

Dilansir dari Thejakartapost.com, pengakuan akan kemerdekaan Indonesia ini dipelopori oleh perdana menteri Mesir saat itu, yakni Nokrashi Pasha. Kemudian pengakuan ini didukung oleh sekretaris jenderal Liga Arab, Abdul Rahman Azzam dan konsulat jenderal Mesir di Mumbai, Muhammad Abdul Mun'im im.

Tak hanya itu, Mesir juga memiliki peran penting untuk mengumpulkan dukungan dari negara-negara Arab untuk kemerdekaan Indonesia dari penjajahan. Adapun negara-negara Arab yang ikut serta mendukung kemerdekaan Indonesia adalah Suriah, Qatar, Irak, Siria, dan Arab Saudi.

Foto: 50 tahun indonesia merdeka (Historia)

 

Alasan Liga Arab memberikan dukungan pada Indonesia ini didasari dengan adanya ikatan keagamaan, persaudaraan, dan kekeluargaan.

Usai pengakuan kemerdekaan, pada tanggal 10 Juni 1947, Indonesia dan Mesir menandatangani surat kerja sama sebagai dua negara yang bersahabat. Dari situ hubungan diplomatik antara Indonesia dan Mesir kian berkembang pesat dari mulai zaman Presiden Seokarno hingga saat ini dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Diketahui juga bahwa hampir semua presiden Indonesia sudah melakukan kunjungan ke Mesir. Sepert Seokarno sendiri melakukan kunjungan sebanyak enam kali semasa hidupnya. Selain itu, pemimpin dan ulama-ulama ternama Indonesia juga banyak alumni dari Universitas Al Azhar, yang merupakan pusat pembelajaran Islam terkemuka di Mesir.

Tag: Mesir negara pertama akui Indonesia merdeka Mesir dan Indonesia

Bagikan: