Dianggap Neneknya Angkot, Inilah Sejarah Unik Opelet ala "Si Doel" di Jakarta

Tim Editor

Opelet milik Si Doel alias Rano Karno dan Rolls Royce milik Raffi Ahmad

ERA.id - Sampai hari ini, mobil opelet "Si Doel Anak Sekolahan" masih menjadi primadona semua kalangan. Baik dari yang muda sampai yang tua. Bagaimana tidak, model oplet begitu melegenda, jika melihat ulang bagaimana film Si Doel.

Soal opelet, ternyata mobil yang memiliki desain unik ini punya sejarah singkat yang unik pula. Melansir laman Jakarta.go.id, berikut asal-usul oplet yang merupakan nenek moyang dari angkot yang sampai sekarang masih beroperasi.

Hasil modifikasi

Opelet itu ternyata adalah angkutan umum hasil dari modifikasi mobil Morris. Kendaraan umum ini juga paling populer di Jakarta pada masanya, sejak 1950 hingga 1970-an. Wah, sudah lama juga ya!

Nah, pada masa itu, modifikasi oplet dilakukan oleh pabrik karoseri di Meester Camelis. Hasilnya, oplet dibagi 2, untuk kabin sopir dan penumpang.

Setelah dimodifikasi, terlihatlah kayu yang mendominasi setiap sudutnya, mulai dari lantai, rangka, dan jendela. Sisanya terbuat dari seng untuk bagian atap.

Disewa

Opelet dulunya juga banyak disewa untuk dipakai mengangkut barang. Kalau sudah begitu, penyewa tidak diperbolehkan membawa penumpang lain. Sehingga hanya dirinya dan barang-barang yang dibawa.

Trayek

Opelet sudah beroperasi sejak tahun 1930 di Jakarta. Rutenya terbatas, hanya di Jakarta Timur, yakni daerah pasar Kramat Jati, Cijantung, Cibubur, dan Cilangkap, serta Cisalak setelah tahun 1950-an mendapat izin trayek. Akhirnya, oplet "tenggelam" pada tahun 1979, digantikan mikrolet, metromini, dan koperasi wahana kalpika (KWK).

Tag: sejarah mobil legenda opelet si doel si doel

Bagikan: