Asal Usul dan Makna Simbol Bendera Kuning Jadi Tanda Orang Meninggal di Indonesia

Tim Editor

Ilustrasi (Depositphoto)

ERA.id - Bendera kuning selalu menjadi simbol kabar duka di lingkungan sekitar di Indonesia. Hampir setiap ada kabar duka atau kematian ditandai dengan bendera kuning di sekitar rumah duka. Dari mana asal usul dan makna simbol bendera kuning jadi penanda kabar duka?

Ternyata, hal ini ternyata dipengaruhi oleh budaya kolonial Belanda. Dulu, lambang dari kematian orang-orang Belanda adalah bendera persegi panjang berwarna kuning dengan huruf Q di bagian tengah.

Dikutip dari National Geographics, huruf Q ini menandakan “quarantine” atau karantina yang berarti, orang yang meninggal karena wabah. Adanya bendera dengan huruf Q ini justru menjadi tanda bagi warganya agar berhati-hati sehingga nggak mudah tertular. Apalagi di awal tahun 1900-an dunia diserang wabah Flu Spanyol dan penyakit lainnya.


Semakin banyak bendera kuning dengan huruf Q, berarti semakin parah penyebaran wabah. Hal ini menandakan bahwa wabah ini cukup berbahaya dan membuat semua orang harus lebih waspada.

Hal ini ternyata cukup membekas bagi masyarakat Tanah Air. Meski kini nggak memakai huruf Q, bendera kuning pun tetap dipakai sebagai tanda ada orang yang meninggal.

Tag: berita duka bendera kuning duka

Bagikan: