Persiapan Porprov Dikeluhkan, Pertina Sulsel Bangun Ring Tinju dari Bambu

| 17 Oct 2022 15:25
Persiapan Porprov Dikeluhkan, Pertina Sulsel Bangun Ring Tinju dari Bambu
Pertandingan tinju. (Antara)

ERA.id - Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sulawesi Selatan membuat ring tinju dari bambu jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Sinjai, 22-30 Oktober 2022.

Olahraga tinju sendiri menjadi satu cabang tersendiri yang akan dipertandingkan dalam Porprov Sulsel.

Sekretaris Umum Pertina Sulsel Sri Syahril saat ditanya soal mengapa mereka membangun ring dari bambu di Lapangan Sinjai Bersatu mengaku, hal itu dilakukannya secara terpaksa.

"Sampai pukul 12.30 Wita hari ini, belum ada pembenahan yang dilakukan pihak panitia. Daripada menunggu yang tidak pasti, makanya kami putuskan bangun ring tinju darurat dari bambu. Apalagi waktu pertandingan sudah semakin dekat sementara venue tinju belum tersedia," ujarnya.

Delegasi Cabang Tinju Porprov Sulsel itu menjelaskan, pihaknya juga masih harus bekerja lebih keras untuk menyediakan lampu atau paling tidak obor untuk penerangan, karena pertandingan tinju selama ini umumnya digelar malam hari.

Jika pada akhirnya tidak ada pembenahan dari panitia, kata dia, maka Pertina terpaksa menggunakan arena tinju darurat itu agar para atlet-atlet tinju dari berbagai daerah tetap dapat melangsungkan pertandingan.

Pembuatan ring tinju dari bambu (Dok. Pertina Sulsel)

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengaku arena yang akan digunakan untuk pertandingan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII Sulsel di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, 22-30 Oktober 2022, sudah siap digunakan.

“Dari beberapa venue, saya lihat sudah cukup bagus dan kita lihat sudah dalam proses finishing. Secara garis besar, pemerintah daerah beserta Dispora dan KONI Sinjai sudah siap melaksanakan Porprov sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan oleh KONI Sulsel,” katanya.

Adapun arena cabang olahraga yang dipantau adalah arena petanque, yongmoodo, softbol, tinju, senam, yudo, anggar, panjat tebing, renang, termasuk juga Stadion H Andi Bintang yang akan menjadi lokasi pembukaan Porprov Sulsel 2022.

Selain itu, ASA juga meninjau Sirkuit Balap Motor di Desa Gareccing Kecamatan Sinjai Selatan, serta arena cabang kriket di Kelurahan Samaenre Kecamatan Sinjai Tengah.

Rekomendasi