Rembuk Nasional Suporter Bola Bahas Tragedi Kanjuruhan Diprotes, Viking: Urgensinya Apa?

| 21 Oct 2022 15:38
Rembuk Nasional Suporter Bola Bahas Tragedi Kanjuruhan Diprotes, Viking: Urgensinya Apa?
Ilustrasi sepak bola (Wikimedia Commons)

ERA.id - Viking Persib Club (VPC) mempertanyakan urgensi pertemuan antarsuporter sepak bola yang diadakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) yang akan dilaksanakan pada 23 sampai 24 Oktober 2022 di Kabupaten Malang.

Belakangan, karena surat itu terus-menerus menuai respons negatif, acara yang bertajuk Rembuk Nasional Suporter Bola itu dibatalkan. "Saya masih berpikir, hal tersebut (pertemuan suporter) juga harus jelas dan kemudian kegiatan ini urgensinya apa?" kata Pengurus VPC, Arland Siddha kepada ERA, Jumat (21/10/2022).

Arland juga menyoroti kegiatan yang hanya diinisiasi oleh Kemenko PMK. Ia khawatir ada ketidaksinkronan antarkementerian terkait. "Seberapa penting ini dilakukan. Saya juga khawatir ini hanya acara seremonial yang kemudian yang menghabiskan uang negara, seperti yang dikatakan Mas Andi Peci (senior Bonek)," ujarnya.

Ia menegaskan, acara tersebut terkesan sangat mendadak dan dipaksakan karena beberapa suporter pun tidak tahu menahu arah dan tujuannya.

Sebaiknya, pihak terkait mengonfirmasikan jauh-jauh hari terkait acara itu. "Saya sih berpikir acara itu terlalu dipaksakan dan seolah olah benar-benar kegiatan ini hanya untuk seremonial. Istilahnya bagian formalitas karena kejadian Kanjuruhan, acara ini muncul. Menurut saya tidak baik juga, tidak betul," tegasnya.

"Ini juga perlu ada pendekatan dulu ke teman-teman suporter, sehingga suporter yang hadir di sana nanti bisa sedikit membawa hal hal apa saja yang harus dipersiapkan," sambungnya.

Berdasarkan cuitan melalui akun twitter @AndiePeci, pentolan Bonek itu menolak hadir dalam pertemuan antar suporter di Kabupaten Malang. Menurut dia, suporter memiliki cara-cara sendiri untuk bertemu, bersilaturahmi, dan lainnya. "Suporter gak butuh acara yang model begini. Habiskan uang negara saja. Saya tidak akan hadir," begitu cuitan Andi Peci, Rabu (19/10/2022).

Untuk diketahui, dalam surat undangan Kemenko PMK bernomor 2471/1/Und/DEP.V/BDY.03/10/2022 melampirkan dartar undangan. Dari empat elemen yang diundang, satu diantaranya adalah suporter senior.

Adapun suporter senior yang diundang yakni, Andi Peci Bonek Persebaya, Ovan Tobing Aremania, Suprapto Koting Pasopati, Febrianto The Jakmania Persija, Heru Joko Viking Persib, Apung Widadi PSIS Semarang, dan Tomy Pasemah Pusamania Borneo.

Rekomendasi