Kasihan Belanda, Sulit Menang Lawan Senegal, padahal Skuadnya Bertabur Bintang

| 22 Nov 2022 08:20
Kasihan Belanda, Sulit Menang Lawan Senegal, padahal Skuadnya Bertabur Bintang
Cody Gakpo saat merayakan golnya yang masuk ke gawang Senegal bersama Frenkie de Jong. (Twitter OnsOranje)

ERA.id - Melawan Senegal saat mengawali Piala Dunia 2022, timnas Belanda menorehkan kemenangan 2-0 pada pertandingan Grup A di Stadion Al Thumama, Al Thumama, Qatar, Selasa dini hari WIB.

Permulaannya pun tak positif amat untuk skuad yang dihuni pemain bertabur bintang di Eropa, sebab Senegal langsung menekan anak asuh Lois Van Gaal itu.

Di babak pertama, Senegal meyerang lebih dulu dan sempat mengancam melalui tendangan dari penyerang Boulaye Dia, namun bola masih dihalau oleh De Jong.

Senegal kembali mengancam gawang Belanda yang dijaga oleh Andries Noppert, kali ini melalui tendangan Ismaila Sarr yang masih melambung di atas mistar.

Sempat mendapatkan beberapa ancaman, Belanda berusaha membalas melalui upaya yang dilakukan oleh Daley Blind serta Steven Berghuis, namun belum ada yang membuahkan hasil. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, kedua tim bermain terbuka dan Belanda yang memiliki peluang terlebih dahulu melalui sundulan dari Virgil van Dijk, namun bola masih melambung di atas mistar gawang Senegal.

Senegal berusaha mencari gol kemenangan, akan tetapi upaya yang dilakukan oleh lini serang skuad Lions of Teranga masih bisa dimentahkan oleh barisan pertahanan Belanda.

Ketika pertandingan di waktu normal tersisa enam menit, Belanda berhasil memecah kebuntuan berkat gol sundulan Gakpo yang memaksimalkan umpan silang Frenkie de Jong sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Saat laga memasuki waktu tambahan, Belanda memastikan kemenangan melalui gol yang dicetak oleh Davy Klaassen yang memanfaatkan bola muntah tendangan Memphis Depay sehingga skor berubah menjadi 2-0 pada menit 90+9.

Berkat kemenangan ini, Belanda menduduki peringkat pertama klasemen sementara Grup A Piala Dunia 2022 dengan torehan tiga poin, sedangkan Senegal berada di posisi ketiga.

Pada pertandingan ini, Belanda sedikit unggul atas Senegal soal penguasaan bola dengan mencatatkan 54 persen, sedangkan skuad asuhan Aliou Cisse lebih sering mengancam setelah melepaskan 15 tendangan yang empat di antaranya tepat sasaran.

Dua gol ini cukup memberikan kemenangan untuk skuad asuhan Louis van Gaal yang selanjutnya akan menghadapi Ekuador, Jumat (25/11) depan, sedangkan Senegal akan dijamu tuan rumah Qatar pada hari yang sama.

Rekomendasi