Profil Ritsu Doan yang Disebut-sebut sebagai 'Messi dari Jepang'

| 02 Dec 2022 16:04
Profil Ritsu Doan yang Disebut-sebut sebagai 'Messi dari Jepang'
Ritsu Doan saat selebrasi kemenangan (Twitter)

ERA.id - Banyak media Eropa menyebut Ritsu Doan adalah "Messi Jepang", tetapi siapakah dia? Artikel ini akan membahas profil Ritsu Doan dan beberapa fakta menarik lainnya.

Ritsu Doan super sub Timnas Jepang yang mencetak gol saat melawan Jerman dan Spanyol, hal tersebut sekaligus membuat negaranya lolos ke Piala Dunia 2022 pada sistem gugur. Dilansir dari bundesliga.com, berikut ini profil Ritsu Doan:

Profil Ritsu Doan

●        Umur: 24

●        Klub: Freiburg

●        Posisi: Sayap

●        Negara: Jepang (32 caps, lima gol)

Doan dibesarkan di kota Amagasaki, di sebelah barat Osaka. Kakak laki-laki Ritsu diketahui  tergila-gila dengan sepak bola dan Ritsu juga mengikuti jejaknya. Ritsu kecil mendapatkan dorongan utama di sekolah dasar.

Hingga kemudian Doan menerima tawaran dari beberapa klub besar saat remaja dan memilih Gamba Osaka. Doan menjadi bagian dari generasi emas yang memenangkan treble pertama klub di level U15 pada tahun 2012.

Awal Karir Profesional Ritsu Doan

Aksi Ritsu Doan saat Jepang Melawan Spanyol (Twitter)

Doan melakukan debut seniornya pada Mei 2015 di usia 16 tahun 344 hari. Saat itu itu memenangkan pertandingan 3-2 atas FC Seoul di Liga Champions Asia. Seminggu kemudian, dia menjadi pemain termuda dalam sejarah klub yang bermain di Liga J1, melawan Kashima Antlers.

Secara keseluruhan, Doan mencetak empat gol dalam 25 penampilan senior untuk Osaka. Gol pertama dibuat saat penampilan perdana di Liga Champions Asia pada 2017, dengan hasil imbang 3-3 melawan Adelaide United.

Dinobatkan sebagai Asian Youth Player of the Year 2016, Doan juga tampil mengesankan di FIFA U20 World Cup 2017. Ia mencetak tiga gol untuk membantu Jepang mencapai babak sistem gugur.

Disebut Messi dari Jepang

Awal mula sebutan “Messi dari Jepang” adalah ketika Jepang Melawan Italia di FIFA U20 World Cup 2017. Saat itu Doan berlari dan menyelesaikan dengan indah, hingga kemudian di halaman Twitter resmi FIFA.com ia disebut Messi dari Jepang.

Ritsu Doan saat Membela PSV Eindoven (Twitter)

Klub-klub Eropa kemudian mulai menunjukkan minat pada sensasi remaja Osaka itu, dan Doan menandatangani pinjaman untuk FC Groningen pada musim panas 2017. Setelah musim perdana di Eredivisie yang mengesankan (dengan sembilan gol dan empat assist dalam 29 penampilan) Doan dikontrak dengan nomor punggung 7.

Dalam 66 pertandingan untuk Groningen, Doan mencetak 16 gol dan tujuh assist, hingga membuat dirinya pindah ke PSV Eindhoven pada musim panas 2019.

Meskipun demikian Doan mengalami debut yang sulit di klub hingga pada September 2020 bergabung dengan Arminia Bielefeld dalam satu musim. Dia adalah pencetak gol terbanyak bersama Bielefeld dengan lima gol.

Di Bielefeld, Doa duet bersama penyerang tengah Fabian Klos dan meraih tiga assist, serta mengalahkan kiper terbaik dunia Manuel Neuer saat kalah dari Bayern Munich.

Doan kemudian kembali ke klub induk Eindhoven setelah mempertahankan Arminia, dengan mencetak 11 gol dalam 39 penampilan di Eredivisie, Piala Belanda, UEFA Europa dan Liga Konferensi. Hal tersebut dilakukan Doan sebelum kembali ke Bundesliga bersama Freiburg.

Lebih Mirip Xherdan Shaqiri daripada Messi

Doan biasanya ditempatkan sebagai pemain sayap kanan di Bielefeld, yang termasuk di antara lima pemain teratas di Bundesliga untuk lari intensif dan masuk dalam 15 besar untuk sprint.

Doan rata-rata melakukan lebih dari dua tembakan per 90 menit dan hampir 1,5 umpan untuk satu tembakan. Doa juga memiliki andil besar di Arminia dan usahanya diakui dengan Penghargaan Rookie Bundesliga untuk Maret 2021.

Sementara itu, perbandingan dengan Lionel Messi mungkin sedikit dibuat-buat. Doan lebih memiliki kesamaan dengan mantan gelandang Bayern Xherdan Shaqiri yang  sekarang di Chicago Fire.

Shaqiri dan Doan sama-sama bertubuh cukup kecil namun gravitasi yang rendah membuat mereka menjadi penggiring bola yang tangguh. Selain itu, keduanya juga memiliki tendangan kaki kiri yang ajaib dan suka terlibat gol.

Selain profil Ritsu Doan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi